Saturday 14 April 2012

Blogspot VS Multiply

Pernah "kesambet" di siang bolong, sampai semangat 45 buat banyak blog? Hahahah.. saya pernah. Sebelum akhirnya khusuk di blog yang ini, saya sempat melanglang buana ke berbagai domain. Sebut saja wordpress, blogdetik, kompasiana, multiply, dll. Untuk blogspot saya bahkan pernah punya 4 blog dengan masing-masing topik yang berbeda. Yang sok akademisi, sok sastra, super galau bin mumet, hobby, my interest, ah komplit dah. Dan ternyata untuk bisa khusuk di satu bahasan blog itu susah. Lebih enak campur sari, apalagi kalau yang di-mixing jus jeruk + strawberry + piyu (kebiasaan aneh jangan ditiru), lebih bebas.

Back to focus. Ternyata setelah "keranjingan" membuat blog di berbagai domain, saya merasa nyaman di Blogspot dan Multiply. Pilih Blogspot coz paling simple setting plus ganti kulitnya. Lalu kenapa Multiply? (pengguna MP pastinya tahu). Yah, sebelum facebook booming, Multiply sudah duluan berfungsi sebagai blog dan sarana berkicau, hampir mirip dengan update status di facebook. Bertukar kabar via guestbook, bisa share link atau video pula. Seperti ini :

Multiply saya, unyu bener. :)

Ngintip langsung wujud aslinya by pressing ikon berikut. (Sayangnya sudah lama mati suri)

Serambi Cerita


Recent updates-nya juga lebih komplit. Seperti timeline, semua update dari kawan muncul disini, entah itu notes, blog, link, video, notif balasan komen. Penggunanya juga diberi kemudahan menyusuri jejak tamu yang mampir di akun MP-nya. Seperti friendster, MP ada viewing history-nya.


Lah, ngakunya nyaman, tapi kenapa MP-nya malah mati suri?
Nah, itu dia. Saking nyaman dan memanjakan penggunanya, multiply pun jadi sarang iklan bagi toko-toko online. Recent update jdai full notif, bukan hanya dari kawan tapi juga sejumlah iklan yang menggunakan layanan ini. Saya dak ngerti cara mem-blok pengguna jenis ini (atau memang tidak bisa di-blok?). Duh, nasib orang gaptek. :) Belum lagi, mengganti templatenya tidak se-simple dan se-nyaman blogspot (sepertinya ini juga karena saya-nya yang gaptek). Mau bertempur, tapi tidak punya senjata, bisanya cuma kabur. Dan lagi, kawan-kawan saya sepertinya lebih banyak menggunakan blogspot dibanding multiply (cari alasan pembenar). Hm, sepertinya kemalasan saya-lah yang mengalahkan keingintahuan.

Well, untuk sobat blogger yang punya akun multiply, share saya dungz.
Biar multiply saya yang sedang mati suri bisa hidup kembali.
(Bocor dah modus sebenarnya) :)
Siapa tahu ada yang tertarik buat akun di Multiply, silahkan klik disini

Friday 6 April 2012

(Bukan) Pergi...

2 April 2007 ~ 2 April 2012



"Pergi" tidak melulu datang dalam kisah "jauh"..
Terkadang.... "pergi" adalah "datang"

.......
ketika tahun-tahun berlalu tidak benar-benar pergi


Rest in peace.. sobat..