Wednesday 1 May 2013

Flipora, Sosial Media atau..?

Sosial media sepertinya sedang booming-boomingnya, maksud saya bukan facebook atau twitter tapi beberapa sosmed yang aplikasinya sudah tersedia alias siap unduh di setiap gadget.  Indonesia sendiri sepertinya pasar yang cukup menjanjikan, sebut saja whatsapp yang buatan amerika, line dari jepang, kakaotalk dari Korea dan terakhir Wechat dari Cina. Cukup 5 menit saja pantengin tipi, niscaya akan bertemu dengan sejumlah iklan aplikasi yang rajin wara-wiri itu. Kebetulan saya juga pengunanya, bukan aktif tapi juga tidak terlalu pasif. :)

Secara umum sepertinya sama saja, sekalipun setiap pendiri aplikasi tersebut akan membantah dengan alot bila dikatakan sama. Semuanya mengklaim punya fitur yang lebih mantab dari yang lain. Kalau saya pribadi, lebih nyaman dengan whatsapp dan line. Kalau tidak salah, saya menggunakan whatsapp sejak februari 2010, saat masih gratis untuk penggunaan setahun. Merasa nyaman dan berlanjut hingga sekarang. Berikut line, saya merasa nyaman dengan ketersediaan timelinenya disamping aplikasi chatnya.
Capture play store
Yah, sekalipun iklan KakaoTalk lebih keren tentunya, coz ada Sherina dan Big Bang nya. Yah, saya nge-fans, mereka sama-sama serius dengan musik. Coba Line pake pake Donghae-Super Junior, saya mungkin akan lebih suka iklannya. :) Hebatlah mereka yang bisa membaca pasar. Begitu pake Sherina dan Big Bang, tidak sampai sehari melesat pula jumlah pengguna KakaoTalk di Indo. Iklan yang dijadwalkan hanya 3 minggu itu, masih berlanjut hingga sekarang. Dan sampai kemarin, masih nomor satu tuh di aplikasi favorit Play Store Indonesia. 

Lalu apakah ini review aplikasi Sosial media??
Bukan, saya sedang tidak bermaksud untuk itu, hanya ingin berbagi sedikit informasi tentang (mungkin) sosial media yang baru. Ceritanya, selasa siang kemarin, saya sempat mampir ngecek email. Ada notif dari kawan, invite tentang mainan baru yang entah apa, namanya Flipora. Saya main klik ajah, gegara pengirimnya dari kawan terpercaya. Penampakan emailnya kurang lebih begini:
Pict from
Sebenarnya kalau saya mau teliti sebentar saja dan tidak asal klik, akan ketahuan kalau email itu sebenarnya dari info@fliporamail.com atau info@info-emailer.com, hanya saja dibuat seolah-olah berasal dari kawan kita. Setelahnya penerima email akan dipandu untuk mengisikan sejumlah informasi diri, layaknya sedang membuat akun-akun seperti biasanya. Hanya saja, saya mulai merasa aneh, ketika berkali-kali link ini meminta password email. Tapi lagi-lagi apes, saya tidak sengaja mengklik ajakan ke sejumlah kontak yang ada di email saya. Sampai detik ini saya belum terima komplen, semoga saja kawan di kontak saya yang kebagian email dari saya, tidak ikut-ikutan follow link seperti saya. 

Lalu masalahnya dimana? 
Ternyata Flipora ini mengambil alih browser saya. yang biasanya settingan defaultnya google.com, ini desktopnya flipora yang muncul. Gegara penasaran, saya mulai googling tentang Flipora. Informasi pertama yang saya dapat, Flipora semacam Sosial Media, itu hasil stalking saya di twitter. Wah, saingan barunya Line, KakaoTalk dan Wechat keknya nih, pikir saya. Yang muncul di browser paling add-ons, seperti yang muncul kalau habis donlot game, atau seperti 4shared yang kadang jadi default browser.

Saya lanjut pelototi Mbah Google, tapi dapatnya link-link berbahasa inggris saja. Sepertinya mulai ragu, berarti ini barang masih sangat baru, review versi Indonya saja belum ada. Terakhir sampailah saya di link ini, (dengan english alakadarnya) disitu secara singkat disebutkan kalau itu semacam spammer, juga disusupi program pencurian data, terutama data kartu kredit (bagian yang ini saya dak ngerti), tapi begitu keluhan dilayangkan ke CEO Flipora, ia mengklaim situs mereka bukan virus atau spam, apalagi untuk menjual informasi pribadi siapapun. Dan.... saya bingung. Sebenarnya Flipora itu apa?? Saya berharap ada yang bisa memberikan pencerahan setelah mampir di postingan ini dan lebih baik jangan meng-klik bila menerima email seperti gambar sebelumnya.

Well, bersama ini, saya minta maaf pada kawan di kontak email saya yang terlanjur menerima/ terganggu email serupa. Maaf, benar-benar maaf. _ _

Random
Sudah seminggu ini akun FB saya rada aneh. Saya tidak bisa login dengan password yang biasanya. Cek per cek ada login dari IP tidak dikenal sebelumnya, padahal saya tidak pernah login di sembarang PC. 
Berkali-kali saya ganti dan coba pulihkan tapi nihil. Untungnya Senin kemarin saya berhasil mengembalikannya. Di timeline tidak ada yang mencurigakan, entah apa yang sebenarnya terjadi. 
Lalu setelah email Flipora ini datang, sudah 2 hari ini setiap mau login selalu saja ada laporan kalau ada login mencurigakan sebelumnya dan permintaan ganti password lagi. 
Apa ini ada hubungannya? Binguuuuungg..

Update :
Barusan ane googling2 lagi, ada kabar (cukup) menggembirakan. Flipora itu hampir serupa dengan google, search engine besutan Infoexe Inc yang bisa merekomendasikan situs-situs bagus sesuai topik yang dinginkan. Juga memberikan kemudahan menandai website yang sering dikunjungi tanpa bookmark. 
(Berarti mirip dengan bookmarks google chrome yah). Tapi saya masih penasaran, koq ya di google dan forum-forum online, banyak yang mencak-mencak bilang ini virus. Saya pribadi menganggapnya begitu, gegara komput sering corupt setelahnya. Syukurnya lumayan mudah me-removenya. Bagi pengguna Chrome, tinggal klik kanan icon flipora di sebelah kanan bar searching website trus remove/ delete atau setting langsung dari control panel. Eh, koq, mendadak jadi blog tutorial yah? :)
Well, waspadalah.. waspadalah. #lebay


UPDATE FIX :
Ini copy link dari komentar di post ini yang benar-benar sangat membantu. Silahkan klik
CARA UNINSTALL FLIPORA
Terima kasih banyak buat anonim yang sudah bagi inpoh fliporanya.
Semoga bermanfaat semuaaa.. :D