Telkomsel oh telkomsel..

~Sesi Curhat~

Saya adalah satu dari sekian banyak pelanggan telkomsel, khususnya kartu as. Bahkan setelah dua kali ganti kartu, karena keadaan (ketahuan senior bawa hp pas kuliah, SIMcard dipatahin, plus kena banting hp sama pengasuh gegara ketahuan pake hp di barak), saya masih memilih telkomsel. Untuk no yang sekarang, kalau tidak salah sudah 6-7 tahunan saya gunakan. Sepanjang waktu itu belum ada keluhan, maklum provider sejuta umat ini punya jaringan luas, paling afdol untuk pengguna layanan yang tinggal di daerah seperti saya.

Masalah mulai muncul beberapa tahun belakangan, sejak saya mulai bekerja, otomatis mobilisasi yang membutuhkan internet makin banyak. Saya tahu diri, tinggal di daerah, informasi akan lebih cepat kalau kita yang mencari, duduk diam sama dengan nol, terutama inpoh seputar landasan normatif/ juknis sesuatu hal. Contoh sederhananya, saya selalu butuh peraturan-peraturan baru artinya setidaknya saya harus mengecek peraturan baru di depdagri.go.id. Belakangan saya memilih paket full galaxy plan untuk pengguna android yang 49ribuan per bulan. Lumayan. Ane dapat 2 giga, 1 giga data 3G, 1 giga data Tsel ditambah bonus 40 MB dari masing-masing jenis data. Sebelumnya saya sempat menggunakan kartu pasca bayar telkomsel (telkomsel postpaid) yang kartu halo sejak 2009 untuk modem. Paket unlimited 137ribeng per bulan.

Source
Cerita sedikit. Berhubung modem (bagi saya) rada ribet dicolok-colok, akhirnya saya memutuskan untuk memakai kartu halo di android. Lumayan ringkas tapi tagihan saya membengkak tiap bulan. Bukan hanya bea inet tapi juga telpon dan sms. Gegara pake halo, saya sering lupa mengecek pulsa as dan seringkali kehabisan, jadilah halo menguasai pasar online, call and sms. Dont try this at home. Sumpah rugi.

Well, januari kemarin saya akhirnya memutuskan berhenti memakai kartu pasca bayar, setelah dengar dari kawan ada paket inet khusus buat pengguna android. Saya bersorak. Tapi cuma sejenak, niat off dari aktivasi halo ternyata rada belibet. Dari costumer servicenya saya diberitahu kalau menonaktifkan kartu harus dilakukan oleh pengguna terdaftar, harus ke grapari dengan membawa tanda pengenal dan kartu yang akan dinonaktifkan. What the hell! No compromize buat yang tinggal di daerah. Dan lagi masalahnya adalah pengguna terdaftar untuk kartu halo saya adalah kakak perempuan saya yang kebetulan sudah pindah tugas ke jekardah. Oh my. Pikirnya habis pake bisa langsung buang (maunya). Weis setelah menunggu waktu luang my sizt, jadilah februari halo bisa almarhum. Setelah bayar tagihan februari ditambah charge (seharga tagihan inet sebulan) coz lewat sehari dari jadwal rutin pembayaran tagihan. Doh, rugiiii banget-banget. T,T

Sebulan memakai paket full galaxy plan, kelihatannya lancar-lancar saja. Sisa dua hari dan saya masih punya kuota tsel sekitar 400an mb. Wow, lagi-lagi saya bersorak. Sepertinya bakalan mantap di galaxy plan nih. 2 giga yang murah. Lebih dari cukup diluar kebutuhan inet yang sudah ada di kantor.2-3 jam sebelum masa berlaku paket saya masih sempat ngecek, pulsa masih sekitar 60an ribeng. Pikir saya, amanlah, kan otomatis diperpanjang bila pulsa mencukupi. Sehari kemudian pas ngecek detikcom, koq loding, buru-buru ngecek pulsa. Lah, pulsa masih 20an ribu. Artinya paket saya tidak diperpanjang otomatis, dan pulsa 40an ribu hilang begitu saja. Apa hal? Saya tanya ke kawan yang kebetulan pakai paket yang sama, katanya fine2 saja. Bingung.

Sudah bulat cari paket yang lumayan murah, gak ribet pake dua kartu, saya (coba) setia di full galaxy plan. Weis isi pulsa, daftar lagi untuk bulan kedua.  Pemakaian aman lancar, sampai kejadian yang hampir sama terulang. Saya sedang niatan donlot lagu di app 4shared ketika loading tidak kelar-kelar (masa aktif paket sekitar 9an hari lagi), cek per cek, lah pulsa sisa 800 rupiah. Padahal sehari sebelumnya saya masih ada pulsa sekitar 40an ribu. Asli amblas. Cek *889# no kuota anymore. Ternyata oh ternyata, ketika kuota habis, beban inet otomatis pindah ke sisa pulsa biasa (non paket) dengan tarif yang tentunya jauh lebih mahal. Dan sedihnya, pemberitahuan dari telkomsel hanya berlaku bagi pengguna yang masih memiliki sisa kuota di 2-3 hari sebelum masa berlaku paket habis. Merana lah pengguna yang kadang lupa mengecek pulsa atau kuota seperti saya. Pulsa biasa jadi lari marayon. Merugi, padahal tawaran paketnya sudah sangat menggiurkan. Ujung-ujungnya saya coba menon-aktifkan paket galaxy plan melalui *363#, tunggu sampai dapat sms dari 3636 kemudian daftar ulang. Yah, merelakan pulsa yang terlanjur amblas, saya belum bisa pensiun sebagai pengguna data mobile. :P


Harapan saya, alangkah baiknya bila telkomsel lebih memperhatikan kondisi pelanggannya, setidaknya ada solusi untuk ketidaknyamanan semacam ini. Provider lokal loh, yang sahamnya sebagian besar milik anak bangsa, weis apik kalau lebih "merakyat".

Btw, btw, setiap kali kirim sms pasti ada sms notifikasi dari telkomsel. Big disruption.
Apa ada yang tahu cara menghentikannya?


70 komentar:

  1. Ha'haa... lagi ngamuk ya nek'.. :P
    selamat yaaa... #apaseh ...
    #kabuurrr...

    ReplyDelete
  2. Aku Telkomsel juga Chi, tapi gk pake android sih, jadi gk ngerti, hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake yang layanan smartphone g mbak?
      tp kyknya klo di kota, provider apapun bakal kenceng dah

      Delete
  3. baca ceritanya memang menggemaskan nih provider.
    pertama daftar kartu halo yang kelihatanya mudah eh tibanya menonaktifkan malah ribet gak semudah saat daftar.
    kedua pemberitahuan kuota internet yang kelihatannya memang didesain agar pulsa utama berkurang, ya namanya aja murah kok minta selamat begitulah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sya smpe bolak balik telpon call centernya nanya ini itu.
      sampe bilang langsung sama mas yg terima klo menonaktifkannya rempong bener. eh, dienya diam sejenak baru bla..blaa..blaa.

      yah namanya usaha kli mas, g boleh rugi, take and give nya mesti lancar car carr

      Delete
  4. ane gak make telkomsel + android jadi aman :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane tebak, pasti pengguna blackberry. :)

      Delete
    2. nexian mbaaaa :v

      Delete
  5. haha kak asri..
    gara-gara postingan ini aku jadi pikir-pikir lagi buat pake telkomsel :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaha.. klo tinggalnya di kota besar, amanlah pilih2 provider.
      tp klo tinggal di daerah macam saya, kyknya masih mikir kalo mo lirik yg lain. disini satu2nya provider yg tangkapannya mpe hsdp yaah si provider sejuta umat. bisanya berdoa, telkomsel lebih baik ja. :)

      Delete
    2. lebih aman pake paketan XL

      Delete
  6. daerah di sini maksudnya dimana kak? kok kayaknya pedalaman bener ya? hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyeem lu,diks. hahah
      klo ane bilang pedalaman artinya saya bukan orang yg bersyukur.
      provider kan biasanya pasang broadband di kota-kota besar. kabupaten ane keknya belum kebagian

      Delete
    2. siap salah kak! hehe

      insya Allah dalam beberapa tahun ke depan mungkin kak, itu-lah kenapa kita gak boleh hanya taklid pada satu hal kak. hhe

      Delete
    3. smoga, biar pilihannya bnyak.
      bisa dapat yg lbih muraaaahhhh. :)

      Delete
  7. Saya salah satu pelanggan setia dari Telkomsel, khususnya kartu simPATI. Udah 7 tahun ni setia. Emang sih kalau masalah paket internet gitu agak menyedot pulsaaaaah.. Saya juga kebetulan pake android, tp bukan galaxy. Jadi kalau paket internetnya cuma bisa yang Telkomsel Flash. Bener-bener nyedot pulsa deh, kalo kuota abis suka tiba-tiba ambil dari pulsa dan tanpa pemberitahuan. Makanya, kalau internetan cuma bisa mengandalkan wifi (kalau beruntung dapat). Hehehe.. Ndak mau rugi :D
    Kayaknya harus bikin surat terbuka ke Telkomselnya deh Kak, biar suara konsumen terdengar sampai yang bersangkutan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesama pelanggan setia rupanya.
      namanya internet sudah jdi kebutuhan, makanya saya sampai berjibaku cari yg murraaaah. hahahha.. syukur sekali samsung dan telkomsel ada merger. tp itu dia, kuota habis gda yg ingetin. coba telkomsel ada aplikasi seperti bimatri, amanlah dunia. dak rugi2 dah.

      sebnarnya di t4 sya ada 3 tp itu dia tangkapannya lemah, paling main di edge, beda sama telkomsel, capaiannya hsdpa.

      surat terbuka? butuh massa yg buanyak dungz. mang mo demo? duh, geje

      Delete
  8. saya pake telkomsel juga. pake paket unlimited ultima. awalnya sih oke2 aja, tapi kendala muncul di awal maret, pas mau pake aplikasi endomondo ga bisa dapet sinyal gprs. --" akhirnya nomer itu wasalam. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pecinta olahraga keknya nih. endomondo buat gowes yah mas?

      sebenarnya ada banyak yg punya masalah sama provider, sudah ada rumah rekap keluhannya juga tp itu dia, tetap tidak maksimal.

      Delete
  9. Saya mewakili pemakai Indosat, turut prihatin dan berduka cita sajah. :D
    Pake ini juga cuma buat sms+nelpon. Internetan saya gak pake mobile, belum punya gadget-nya. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh, bahasanya. hahhaha
      ane sebenarnya minat sama indosat, kk sma adek yg pke indosat sllu promosi. syangnya pas coba m2 di modem, ternyata dak ada jaringan. puaraah. hahhaha

      Delete
  10. Wew... lama sudah tak berkunjung, ternyata banyak hal2 baru yang didapat..:-)

    ReplyDelete
  11. Gue juga pake as, ci... Apalagi full kegiatan internet gue skrang just pake hape. Walopun cuma pake paket harian... ;-)

    Trus apakah sms dari telkomsel itu semacem popscreen?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukannya lebih mahal klo pake yg harian, mas?
      belum lagi kuotanya kecil. sya hitung2nya disitu. hahahha


      bukan popscrreen. ini seperti sms masuk biasanya.
      benar2 menggangu, bukan sekedar pemberitahuan popscreen. sangat sangat menjengkolkan. apalgi klo nunggu sms penting. duuuh
      #curcol :P

      Delete
  12. Pake pasca bayar malah lebih rugi jatuhnya ya ...
    Kalo android2 .. wah ndak ngerti saya, belum pernah pake :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo kuota pemakaian besar, sebenarnya enaklah pke pasca bayar, asal penggunanya disiplin kartunya benar2 khusuk untuk inet sja, dak kayak sya, dipake telpon dan sms juga. bnar2 cari mati. hahahha

      Delete
  13. hampir semua provider yang ada di Indonesia tidak mampu memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggannya, karena mereka benar-benar 100% pure business oriented, jadi janganlah terlalu berharap banyak bila menajdi salah satu pelanggan provider tersebut... salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nda provider atao pengguna, mainnya sama2 cari untung. ahhahaha

      Delete
  14. Tu memperpanjang otomatis kalau melebihi masa aktif kalee, bukan melebihi quota, jadi klo quota habis sebelum masa berlaku habis ya kena biayalah😃

    ReplyDelete
  15. Jadi maw ikut nimbrung.
    Saya juga pengguna Telkomsel Flash, sama juga u Android. biar simpel seperti yg dimaksudkan diatas.
    Karena merasa tagihan makin bengkak niatlah untuk unreg TFlashnya.
    Minta ampun banget, layanan sibuk terus jadi gak bisa lepaas.
    Pas daftr cepat pas mau keluar Lhama.
    jadi ingt dengan istilah "kalo bisa dipersulit kenapa dipermudah"

    ReplyDelete
    Replies
    1. asli ngelepas paketnya rempooooong..pong..pong
      apalgi klo berurusan sama yg namanya caroline.
      bikin ngantuk

      Delete
  16. waduhh...jadi merasa bersalah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak masna sayang. dirimu malah mmbantu tagihan inet + pemakaian pulsa saya makin ramping. dibanding pas pake halo, doohh muahaaall nyoook

      Delete
  17. Telkomsel memang kadang kadang membingungkan kadang kadang mudah di bawa kompromi dan kadang kadang pula sulit untuk di bawa kompromi, saya juga merupakan salah satu konsumen dari telkomsel tapi baru baru ini gak lama seperti agan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah, begitulahh.
      eh, tapi. ramadahan ini yg paling membhagiakan, sinyal hsdpa di t4 ane makin stabil. hohoho.
      smoga ke depan makin bae.
      #sori, komen ane dak cucok sma komen agan yah. :P

      Delete
  18. Lah, saya malah ditelpon CS Telkomsel, diminta untuk beralih dari AS ke HALO..
    Saya sungkan nolaknya.. Tapi saya ga berniat pake pasca bayar macam HALO..

    -______-

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin kawan ane nge-whatsapp, katanya skg halo ada paketan inet yg menjanjikan. entahlah, sudah malas pindah paket. dah terlanjur berusaha nyaman di galaxy plan.

      Delete
  19. Gak smua kartu telkomsel bisa buat bkin paket full galaxy plan.,telkomsel semakin jelek aja. .,
    jadi males make telkomsel,pdahal udah pnya jelly bean.

    ReplyDelete
    Replies
    1. owh, begitu yah? saya pikir smua bisa pake full galaxy, asal gadgetnya cucok ajah.
      jellybeanx sayang dungz

      Delete
  20. Gak smua kartu telkomsel bisa buat bkin paket full galaxy plan.,telkomsel semakin jelek aja. .,
    jadi males make telkomsel,pdahal udah pnya jelly bean.

    ReplyDelete
  21. untuk paket galaxy plan setelah quota habis memang langsung menyedot pulsa dengan tarif 5/kb, alangkah lebih baik jika memperhatikan syarat dan ketentuannya terlebih dahulu sebelum menggunakan. http://www.telkomsel.com/samsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh, ini dari telkomsel yah? hihihi

      IMHO,mungkin bagusnya telkomsel membuat aplikasi pengingat kuota, biar pengguna layanan juga makin nyaman.

      Delete
    2. Pake app my data manager. Disitu bisa kita atur pemakaian kuota inetnya.

      Delete
  22. Sekedar share..kuota masih ada sisa 64KB pun, telkomsel memotong pulsa utama. Dihubungi CSnya, jawabannya karna masa aktif paket full galaxy plannya telah habis. Padahal setau saya seharusnya msh aktif hingga agustus awal. Masih kurang ngerti jg sih ini.. hhhmmmm..

    ReplyDelete
  23. Sekedar share..kuota masih ada sisa 64KB pun, telkomsel memotong pulsa utama. Dihubungi CSnya, jawabannya karna masa aktif paket full galaxy plannya telah habis. Padahal setau saya seharusnya msh aktif hingga agustus awal. Masih kurang ngerti jg sih ini.. hhhmmmm..

    ReplyDelete
  24. Bener banget...
    Emang gitu...perlu pengingat kuota...
    Aku sampai sekarang mencoba setia pakai telkomsel...simpati tepatnya...pakai galaxy full plan yang 125 3 bulan 2 gb...
    Tapi tiap kali belum masa habis udah nyedot pulsa...benci deh...tapi terlanjur nomernya males ganti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sya blum pernah coba yg paketan 3 bln. Tepatnya blum brani. Nnti blum cukup sebuln, kuota sdh habis, hajablah. :)
      Sy blum ngerti penggunaannya.

      Delete
    2. Sya blum pernah coba yg paketan 3 bln. Tepatnya blum brani. Nnti blum cukup sebuln, kuota sdh habis, hajablah. :)
      Sy blum ngerti penggunaannya.

      Delete
  25. saya udh jadi korban dan sgt kecewa sama telkomsel. udah seneng bisa langganan full galaxy plan. tiba tiba internet loading lama. coba cek pulsa. ehh malah 0 rupiah. agak bingung sih gak mungkin juga dengan kuota bulanan 2GB bisa habis gara brosing dan whatsup-an yg terbilang jarang. padahal masa aktif masih panjang. bener2 kejadian aneh. coba isi pulsa 50rb, mgkn bakal diperpanjang secara otomatis yg ada malah kesedot dalam waktu 35menitan sisa saldo 0 rupiah lagi. coba cek *889# malah ada sms "tidak memiliki account gratis" inisiatif isi lagi 100rb. saya coba daftar ulang full galaxy plan, mala "saat ini anda sedang terdaftar. coba nyalain paket data buat ngecek aja ternyata bener nyedot pulsa reguler. serba salah ni. gak jelas (gada pemberitauan masa aktif sama sisa kuota). dan setelah itu cek *363# udah ga bisa lagi selalu "invalid MMiI code" telkomsel istimewa. hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kesedot lagi setelah isi pulsa, bukan gegara belum di unreg mas? Sapa tau lupa unreg, mmg langsung sedot pulsa lgi dia. Unreg dulu bru dftr lgi. Hasilnya, inet lncar, duit habis. Hahhha. Mmg pengingat kuota ini sangat perlu.

      Delete
    2. Mba tolong hapus komentar saya dong

      Delete
  26. saya mau pindah provider aja. GSM didunia gak cuma 1. Silahkan segera perbaiki sistem customer service yg gak jelas itu atau customer yg mencari sistem lain.

    ReplyDelete
  27. Pengalaman klo pake telkomsel, masih aman klo pake di smartphone, walaupun ndk bisa streaming (tp aturannya jelas), ngk separah paket android samsung. Aku baru beli tab 3 8.0 mau coba2 ikutan pake android. Langsung daftar paket full 1 bln yg 49 ribeng (2 GB), karena anak suka maen game (diownload), n buka youtube (lagu anak2) dll, pas batu pake 2 minggu, kok loading trus saat browsing google, chek pulsa Rp. 0,- astaga kayak mesin sedot wc aja. Padahal sebelumnya masih ada 25 ribu. Besoknya karena butuh aku cb transfer dr BB 20 rbu, 1 hari langsung Rp0,- cm buka youtube sama nggame. Karena penasaran aku isi voucer 100 rb, eh malam2 anak rewel susah tidur, akhirnya buka youtubbe lagu anak2, sekitar 4-5 lagu (20 menitan) langsung keesedot 25 rbu, pas baca di sesi curhat ini, baru nyadar ternyata anu gw disedot tanpa ampun sama telkonsel dlm 1 hari 1 malam. Ampun bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pemakaian d tab kayaknya mmg boros beud. Ane jg penghuna tab 3 8 inch, untuk seblun ini sudah 2 kli reg untuk full galaxy plan. Jaringannya di t4 ane kebetulan kencang abis, mau tidak mau belajar merelakan pemakaian data yg big big biiig.

      Delete
  28. Mari...ganti provider...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhahahh.. iyah, klo bnyak yg mnjanjikan mending pindah.
      Sudah coba smua provider tp ternyata di t4 ane yg plg kencang memang si merah. Mau tida mau belajar nrimo. _,_

      Delete
  29. Cuma sharing ya.. ane udah lama pake telkomsel paket full galaxy plan.. awalnya baik2 aja smpe bln ini kebetulan lg parah download game brhubhng ponakan pada main krmh dan 10 hari 2G abiss.. inisiatif ya unreg paket trus isi pulsa baru aktifin paket yg sama full galaxy plan.. ehh sejak isi ampe skrn udah 5hari bisa browsing, social media tp download cm loading tanpa progress.. komplen ke call center jg ga ada hasil..yaudah tau dah ni kyknya hrus pindah ke provider lain.. telkomsel ga concern sama keluhan customer. .. payahhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih mending mbak, 2 gb untuk 10 hri, kmrin sy habis dlm 3 hri. Tp iyah sih, sy kecolongan paket dta aktf terus seharian full.

      Delete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. Sekedar share aja..pilih yg program opera mini aj,jgn yg galaxy plan..sebulan cuma 44rb,unlimited lagi..semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  32. Gan. .
    Paket galax plan bisa buat dwnload ga gan atau dijadiin hotspot gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, bisa.
      selama kuota belum habis. minusnya cuma di>> rajin2 ngecek kuota, jangan smpe kehabisan. alamat pulsa reguler abis kesedot.

      Delete
    2. iyah, bisa.
      selama kuota belum habis. minusnya cuma di>> rajin2 ngecek kuota, jangan smpe kehabisan. alamat pulsa reguler abis kesedot.

      Delete
  33. senasib sepenanggungan rupanya heheh
    sya pake android+tlkomsel flash,, ada sih aplikasi "mytelkomsel" di playstore,, saya pake buat cari tahu sisa kuota,, sama kayak *889# ..tapi ya tetep aja kalo kuota abis sblum wktunya pasti nyedot pulsa reguler,, paling solusinya nonaktifin data paket kalo udah tau sisa kuota dah mau abis ..jadi pegel linu bawaanya takut nyedot pulsa reguler hahaha
    #curhat

    ReplyDelete
  34. Ane jg korban telkomsel ...hiks...hiks...ancur d...kuota abiz pulsa abiz tanpa pemberitahuan
    Yg halal donk nyari duitx telkomsel!!!!

    ReplyDelete
  35. Jadi solusinya gimana????

    ReplyDelete

Kawan, silahkan tinggalkan jejak,,,

 

Friend List

Flickr Images

Blogger Perempuan