Mie Titti Ala Accilong

Lapar memang masalah manusiawi, tidak kenal tempat dan waktu. Asal kampong tengah sudah demonstrasi minta penurunan sembako berarti tidak bisa di tunda-tunda lagi mesti nyari asupan gizi secepatnya. Heheheheh.. Sama seperti saya, pulang kantor siang tadi mendadak kelaps (baca : kelaparan) tingkat tinggi. Langsung ngecek dapur, ternyata kosong. Alamat perut bakal demonstrasi berkepanjangan. Cek kulkas dan tattaadaa… ada udang, sawi, kentang dkk… ngobok-obok dapur dapat mie telor. Bisa jadi apa kira-kira dua barang tuw? Sempat mikir juga saya mesti masak apa dengan dua barang tuw. Dan.. setelah dipikir-pikir bisa negh jadi “Mie Titti Ala Accilong” Heheheheh.. Pake ala achi coz biasanya Mie Titti bikinnya pake kuah ayam, saya bikinnya pake kuah udang. Tertarik?? Negh boleh coba dah. Cekidoott..^^

Bahan :
- Mie Telur
- Udang
- Telur 1-2 butir (sesuaikan selera)
- Sayuran (saya cuma pake sawi, berhub cuma nemu barang tuw di kulkas^^)
- Tepung Maizena 2-3 sendok makan (kekentalan sesuaikan dengan selera)
- Lombok besar
- Daun Seledri
- Daun Bawang
- Tomat (1 saja)
- Minyak goreng

Bumbu :
- Bawang putih 3 siung
- Bawang merah 4-5 siung
- Kemiri 1 biji (sangrai)
- Lada/ Merica
- Garam
- Penyedap

Pelengkap (Taburan) :
- Bawang Goreng
- Kentang Goreng
- Jeruk Nipis
- Sambal

Cara Membuat :
- Bersihkan udang, rebus dalam 600 cc air. Sisihkan. (Kalau pake rebusan ayam, sisihkan ayam lalu iris tipis-tipis. Air rebusan untuk kuah mie).
- Rendam Mie Telor dengan air hangat biarkan terurai, tiriskan. Goreng dalam minyak panas lalu sisihkan.
- Iris tipis-tipis bawang daun, lombok besar dan seledri. Sisihkan.
- Haluskan bawang putih, bawang merah, dan kemiri sangrai. Tumis sampai harum, masukkan irisan lombok besar, sawi atau sayuran lainnya. Masukkan kuah udang sedikit demi sedikit. Tambahkan garam dan penyedap. Tunggu hingga mendidih. (Yang pengen pake ayam, bakso, sosis dll sekalian campur dan tunggu hingga mendidih).
- Cairkan dua sendok maizena, masukkan dalam kuah. Aduk hingga kuah mengental.
- Masukkan telur, aduk dalam kuah (agar terlihat seperti berserat). Biarkan mendidih untuk beberapa saat,. Masukkan irisan daun bawang dan seledri (bisa juga saat dihidangkan).

Penyajian :
- Sajikan mie yang telah digoreng dalam mangkuk atau piring, siram dengan kuah udang. Taburi dengan bawang goreng dan kentang goreng. Tambahkan perasan jeruk nipis sesuai selera.
- Siap disantap^^ 

0 komentar:

Post a Comment

Kawan, silahkan tinggalkan jejak,,,

 

Friend List

Flickr Images

Blogger Perempuan