Obesitaskah blogmu?

Perhatian
Thread berikut ini rada dak penting, apalagi untuk para master di dunia perblogan, jadi sebaiknya langsung pulang saja.
Tapi seandainya anda juga tertarik pada hal yang tidak penting, yah.. sok atuh, lanjut ja bacanya. :D

Saya sedang "blank-blank"-nya. Lagi-lagi kalau mau pinjam istilah sahabat saya, boleh dikata saya sedang miskin ide, fakir cerita. Alhasil se-petang-an (maksudnya lepas isya mpe sekarang) online hanya bisa wara-wiri tidak jelas di beberapa situs. Sesekali buka beberapa akun social network yang saya punya, "Ah, sama saja. Nihil!". Giliran tiba di akun blog ini, "Lah, kok serasa loadingnya lama? Jangan-jangan blog saya obesitas", lalu mulailah saya cari tahu.

Hilir mudik sejenak, akhirnya nasib mempertemukan saya dengan yang saya inginkan. (#edisi lebay. Lihat apa yang saya temukan.
  • Obesitaskah blogmu?
  • Tattaaadaaa... Saya menemukan jawabannya di iwebtool. Setelah memasukkan url blog di Your domain(s), ketahuan dah kalau blog saya 211.35 KB. Itu beberti, 111.35 KB lebih besar dari size blog yang bagus. Kalo kata saya mah (yang gaptek dunia perblogan), ini obesitas. Tapi kata sahabat Bloofers, masih lumayan ringan loadingnya. Sebenarnya seorang sahabat pernah memberitahukan cara ini, tapi dasar saya-nya yang pikun plus si lepti yang habis cuci otak (baca: install ulang) jadinya saya tidak menemukan clue apapun selain melapor ke Mbah Google.
  • Aplikasi mana yang membuatnya berat?
  • Semakin penasaran saja saya, bagian mana sebenarnya yang berat. Hilir mudik lagi dan akhirnya saya menemukan jawabannya di Web Page Analyzer. Dari sana saya tahu kamar mana dari rumah saya ini yang pelihara naga. Sayangnya, saya belum punya pengetahuan lebih untuk melangsingkan blog ini. Satu-satunya cara dengan menghapus beberapa pemakaian widget/script yang tidak terlalu penting. Tapi sayanya tidak yakin, widget mana yang tidak penting. Sepertinya saya sudah terlanjur nyaman dengan tampilan dan widget yang seperti sekarang. Mungkin karena ini template pertama yang html-nya berani saya utak-atik (dengan bantuan master sifu tentunya).
  • Bagaimana cara mengatasi obesitas blog?
  • Ini informasi terakhir yang saya temukan. Ternyata ada caranya. Mbah google bilang, selain menghapus widget/script, obesitas blog bisa diatasi dengan meng-kompres. Jadi segera siapkan baskom dan handuk anda. Wkwkwkkwkkk.. Bukan, maksudnya dengan CSS Compressor. Tapi hati-hati bila menggunakan fasilitas yang satu ini, pastikan Expand Template Widget anda dicentang, karena Insya Allah setting-an blog anda akan berantakan, harus sabar mengatur ulang layoutnya. :D

Well, setidaknya saya berbagi. Kasihan juga lihat blog ini tidak terurus.
So, yang penasaran blognya obesitas apa kagak, yuk.. coba deh. Insya Allah bakal ketahuan.
Alhamdulillaah yaaah.. :D

30 komentar:

  1. tutorial yang bagus kakak achi.. :)

    ReplyDelete
  2. manteeeeeep kak achi :)
    saya jg pernah merasakan blog yg agak berat sedikit. cuma 150kb klo ga salah. jadi harus diturunkan sampe 100kb, eh sekarang malah nambah lagi, nongkrong di 121.07kb.
    tp klo jaringannya pke kecepatan siluman sih ga akan kerasa loadingnya (mungkin). ehehehehe..

    ReplyDelete
  3. wkwkkkwkkw master emangnya saya Obi One apa? terang aja berat liat aja sidebar sumpek footer penuh wkkwwk coba deh ilangin beberapa widget atau kurangi kwantitas widget kayak most wanted tuh jadiin aja 3 ato 4 biji yang nongol, jejak kursor menurut saya ga fenting ngapain komen digembargemborkan mak wkwkwkwwk trus bunuh tuh widget among us sama flag counter kan udah ada feedgit :) bangun mak ni udah subuh!!! wkwkwwkwwk

    ReplyDelete
  4. untungnya punya saya kalo ndak salah sekitar 70-an, biar enteng

    ReplyDelete
  5. bener bangaet teman kalo mengunjungi blog yg obesitas mau komentar juga males,, soo beraaatt..tp yg blog ini wajar kok,, ideal maksudnya

    ReplyDelete
  6. wah saya jadi pengin ngecek berat blog saya juga hehe
    moga masih dlm batas kewajaran
    makasih dah berbagi info ya mba ^_^

    ReplyDelete
  7. Punyaku cm 85an lumayanlah hehe

    ReplyDelete
  8. berhubung Indonesia koneksi Inet'a masih lelet maka blog2 yg berkapasitas di atas 100kb emank kerasa bangettt lola'a,hhaha..
    untung blogku berat'a cuma 49kb whhaaa

    ReplyDelete
  9. 102kb !

    kelebih 2 kilo berarti ini?
    hahahaha
    ideal 100kan ?
    +_+ mau permak dulu deh.
    nice inpooooooo mbak asri :D

    ReplyDelete
  10. Mantap Kakak, yg lainnya jadi bisa ikutan nge-chek timbangan blog-nya. hehehe

    ReplyDelete
  11. @andro: jgn bilng tutorial ah. ntar kesannya sy nyolong lahan para master. cukup informasi ja. :D

    @irma: ini lgi khusuk2nya bertapa, widget mna yg akan dilepas dgn berat hati. wkwkwkwkkwkk

    @ananda: sidebarnya sumpek yah? wkwkkwkwkk.. sya malah berencana menambah most wanted jdi 10. wkwkkwkwk.. tenang sifhu, sya akan coba meminimalknnya. stelh bertapa panjang pastinya. hehheheheh

    @pak pakies: wah, itu mah enteng abis pak. mklum ja cewek, blognya bnyak dandanannya. :)

    ReplyDelete
  12. @al kahfi: yuhu, makanya ne usaha unt diet, mugi2 bisa langsing dan bye2 obesitas. :)

    @ria haya: ayooo..ayoooo... dicoba..dicoba... yg jauh mendekat, yg dekat merapat. kyk kaki lima jadinya. hahahha

    @tarry: itu mantabz, mbak tary.

    @enny law: wih, dirimu mah dah jago ngutak-atik,en. dak kget sya klo blognya seramping itu. boleh lah sya minta ajar. yah..yah..yah.. :D

    ReplyDelete
  13. @uchank: bah, koq bisa ramping sih klian. spertinya sya mmg kelewat maruk yah. wkwkwkwkkk

    @budi: ah, ini mah kemuflase ja. padahal aslinya sedang mentok ide. bingung mo nulis paan. :D

    ReplyDelete
  14. ganti "kulit" toh...? :D

    gubug sy "cuma" 38.2 KB.. :)

    ReplyDelete
  15. sebenarnya yang membuat berat itu hanya 2 hal; gambar dan script :D
    kalo blog saya, kayaknya sudah masuk blog yang berat, tapi itu ga masalah
    karena eh karena, koneksi saya sudah mapan :D

    ReplyDelete
  16. Ajarin fitness dong blog-ku biar zingzet...:D

    Obesitas apa karena efek habis lebaran yaaaa.....????

    ReplyDelete
  17. Kalo kebanyakan posting ngebuat obesitas g ne??

    ReplyDelete
  18. wah, kebetulan blog saya udah langsing. :D

    ReplyDelete
  19. kalo gitu saya nyobain timbang dulu yah. :D

    Thanks infonya, saya malah baru tau ada tool yang kaya gitu.

    ReplyDelete
  20. @yuan: iyah negh bg, ganti kulit (lagi). hehehhe..
    weits, 38,2 KB??? bah, itu mah kurang gizi. hihih

    @john: wow, koneksi sudah mapan. mantap lah itu. bagi sya juga dungs kemapanannya. wkwkwkkkkk

    @sam: wuih, apa kabar aljir? dah balek kah? klo maslah fitnes kyaknya si master alien kg yudi lah yg lebih jago. bukn cuma singset, sixpact pun bisa sma dia mah. ahahhahahahh.. ngaco.
    kayaknya mmg lebaran dah yg bikin obesitas. coba sy yg berat, bukn blogq. haissshh..

    ReplyDelete
  21. @saki: kyaknya bukn lah ki, kebanyakn posting mah bgus. asal porsir publikasinya diatur. gitu dah kyaknya. :) salam kenal yah.

    @yus: asyeeeeekkk, bagi tipsnya sma sya dungz klo gitu. :D

    @akmal: yuhu, okz dah. cobain atuh. sya doakan bb-nya sehat. :D

    ReplyDelete
  22. wahh... berat bdan blogku trnyta kberaten,,
    thanks ya buat timbanganny! yg hrus mmksa blogku buat diet ...hehehe

    ReplyDelete
  23. acci...have been long time we didn't talk each other...:)
    pa kabar accie? udah lama zico gak update blog. karena kesibukan kerja mungkin..hehe.*alasan klasik banget ya.. :)

    yang ada blog aku bukan obesitas, tapi kehilangan nutrisi karena jarang di isi dengan tulisan-tulisan terbaru. ternyata zico mendapat rasa senang saat bisa menyalurkan hobi (blogging) salam persahablogan.

    ReplyDelete
  24. @sandi: beh, apa kabar lu, san. lamo ngilang kayaknya negh. minal aidhin yew.. kagak pa2 telat tow, drpda tdak sama sekli. sya kan nyadar diri sering bikin onar di lapak ente. hehhehehehh.. selamat berdiet klo geto.

    @kg zico: ckckkckckkckkk, hiatus kemana wae atuh kg? dak nyari padepokan di burangrang kan? hahhahahh.. sumpeh, rindu diskusi lgi. kapan2 cri bahasan yg bagus, cri waktu, qt diskusi dah. hokeeehhh.
    ni sya lagi blank-blak nya. pengen nulis belum dapat ide bagus. sepertinya ruang waras sedang memusuhi. jdinya nge-heng dah, wwkwkkwkwkkkk.. ditunggu sharing terbarunya kg. :D

    ReplyDelete
  25. Tutorial yang bagus sob,salam kenal ya di tunggu komen backnya

    ReplyDelete
  26. Blog saya ringan2 aja deh kayanya.. dan saya gak pake BB. :D

    ReplyDelete
  27. Blog semakin berat tergantung tempalate & widget yang dipasang akan berpengaru secara langsung paga speed page loading blog kita,
    Maka sebelum memilih template dll kita harus ukur speed page load supaya blogger yang berkunjung ke blog kita menjadi lebih nyaman

    ReplyDelete
  28. @musa: waduh, jgn blg tutorial, blang informasi ja. sya tidak mau ngambil lahan para master tutorial yg malang melintang di dunia perblogan. hihihi.. deal kan, musa? hehehhe

    @akmal: wkwkkwkwkwkwkwkkk.. aya-aya wae si akmal.

    @andy: yuhu, betul buanged sodara. jempol deh. :D

    ReplyDelete
  29. lah,blog-ku malah avitaminosis... kurang gizi :D

    ReplyDelete
  30. nice info :)
    alhamdulilah blog saya sekitar 88an, lumayan, hehehe
    makasih mbak :D

    ReplyDelete

Kawan, silahkan tinggalkan jejak,,,

 

Friend List

Flickr Images

Blogger Perempuan