Blogspot VS Multiply

Pernah "kesambet" di siang bolong, sampai semangat 45 buat banyak blog? Hahahah.. saya pernah. Sebelum akhirnya khusuk di blog yang ini, saya sempat melanglang buana ke berbagai domain. Sebut saja wordpress, blogdetik, kompasiana, multiply, dll. Untuk blogspot saya bahkan pernah punya 4 blog dengan masing-masing topik yang berbeda. Yang sok akademisi, sok sastra, super galau bin mumet, hobby, my interest, ah komplit dah. Dan ternyata untuk bisa khusuk di satu bahasan blog itu susah. Lebih enak campur sari, apalagi kalau yang di-mixing jus jeruk + strawberry + piyu (kebiasaan aneh jangan ditiru), lebih bebas.

Back to focus. Ternyata setelah "keranjingan" membuat blog di berbagai domain, saya merasa nyaman di Blogspot dan Multiply. Pilih Blogspot coz paling simple setting plus ganti kulitnya. Lalu kenapa Multiply? (pengguna MP pastinya tahu). Yah, sebelum facebook booming, Multiply sudah duluan berfungsi sebagai blog dan sarana berkicau, hampir mirip dengan update status di facebook. Bertukar kabar via guestbook, bisa share link atau video pula. Seperti ini :

Multiply saya, unyu bener. :)

Ngintip langsung wujud aslinya by pressing ikon berikut. (Sayangnya sudah lama mati suri)

Serambi Cerita


Recent updates-nya juga lebih komplit. Seperti timeline, semua update dari kawan muncul disini, entah itu notes, blog, link, video, notif balasan komen. Penggunanya juga diberi kemudahan menyusuri jejak tamu yang mampir di akun MP-nya. Seperti friendster, MP ada viewing history-nya.


Lah, ngakunya nyaman, tapi kenapa MP-nya malah mati suri?
Nah, itu dia. Saking nyaman dan memanjakan penggunanya, multiply pun jadi sarang iklan bagi toko-toko online. Recent update jdai full notif, bukan hanya dari kawan tapi juga sejumlah iklan yang menggunakan layanan ini. Saya dak ngerti cara mem-blok pengguna jenis ini (atau memang tidak bisa di-blok?). Duh, nasib orang gaptek. :) Belum lagi, mengganti templatenya tidak se-simple dan se-nyaman blogspot (sepertinya ini juga karena saya-nya yang gaptek). Mau bertempur, tapi tidak punya senjata, bisanya cuma kabur. Dan lagi, kawan-kawan saya sepertinya lebih banyak menggunakan blogspot dibanding multiply (cari alasan pembenar). Hm, sepertinya kemalasan saya-lah yang mengalahkan keingintahuan.

Well, untuk sobat blogger yang punya akun multiply, share saya dungz.
Biar multiply saya yang sedang mati suri bisa hidup kembali.
(Bocor dah modus sebenarnya) :)
Siapa tahu ada yang tertarik buat akun di Multiply, silahkan klik disini

65 komentar:

  1. untungnya saya gak punya multiply jadi gak bisa share disini... hehe lah untung apa rugi ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahh.. padahal punya MP ada asyiknya jga loh.
      unt skg saya pake jdi sarang link sja. lebih gampang nyarinya ketimbang shre di fb. #lah, komennya apa, balasnya apa. Ckckckkk.. :)

      Delete
  2. aku juga punya multiply

    lupherzt.multiply.com

    itu akun saat masih gaptek dan alay2nya :D
    sekarang lebih nyaman main di blogger aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuhu, iska.

      sepertinya di blogger mmg paling gampang atur2 settingan yah. lebih bebas utak-atik css sama htmlnya.

      Delete
  3. coba nnya mb nini (sirius bintang/sri agustina) temen kantor mas qef tuh mbak...kelihatannya dia pengguna aktif multiply soalnya mbak..
    ini alamat akunnya kalo ga salah..aku sempat intip2 juga dsna..:D
    http://siriusbintang.multiply.com/
    good luck yah pemangsaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sya dah temenan deh ma mbak nini. cuma masalahnya, MP sya yg mati suri nick.

      but, tingkyu dah nek. bentar lagi meluncuuuurrrrrrrrrrr..

      Delete
    2. eh..aku salah ketiikk..itu mb ninaaa...*bisa dibunuh aku ntar..wakakaka

      Delete
  4. Waduh.. dari awal saya hanya di blogger... gak ngerti juga yang gituan... pun kalo pengen buat untuk kategori yang berbeda, pastinya saya buatnya di blogger lagi.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. berrti pernah kesambet yg namanya keranjingan bikin blog juga tow kak? hahhah..

      dikit lagi masuk nomine pengguna akun blogger ter-setia keknya. hihih

      Delete
  5. Aku punya akun MP, masih suka komen tapi gak pernah post lagi :(
    Dulu asiknya karena ada temen-temen SMA, eh sekarang dah pada gak make :(
    IDku: sittisadja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, una.
      gra2 jarang kawan yg make, mpe malas jenguk2 MP. aura fesbuk terlalu hebat. tp MP masih paling bagus buat nyimpen link, apalgi klo bookmark lepti kadang2 trouble kek punya sya.

      Delete
  6. Ini akun multiply ku: www.heningkara.multiply.com

    kalo masih hidup bilangin yaaa... Biar saya matiin lagi..Wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiaaahhh klo akun ente mah, dak perlu tau sya. hahahhahah

      Delete
  7. Blank! Suruh ngasih saran, malah pada promosi MP-nya sndiri2! Bhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. gpp kali, sak.
      kan modus terselubung postingan ini jga pengen nyari pengguna MP, biar akun punya sya bisa bangun dari mati surinya.

      Delete
    2. Ane juga pernah punya sih, mbak! Tp namanya aja lupa, apalagi usernm dan pswrdnya. Pengguna MP kayak ane dicari gak, nih? Hehehe

      Delete
  8. Saya juga dulu hobi coba2. Yang WP sama MP terlantar. Di kompasiana sama blogdetik cuma numpang bikin aku doang.
    Tapi, kayanya MP saya gak dapet iklan deh. Cuma notif dari teman2 aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkkwkwkkwk... idem mbak. sekedar buat akun, uatk-atik dikit, klo dak ngerti lngsung kabur. hihihi..

      iyah, punya sy bnyak iklannya, apalgi di guestbook. kdang bikin ilfil dah. apalgi klo postingnya yg berbau SARA. duh, alamat puyeng sya menjadi2.

      Delete
  9. Jangan-jangan di setting-an inbox diset yang "Contacts + Friends of Friends". Punya saya diset cuma My Contacts.

    ReplyDelete
    Replies
    1. owaaaaa... ada settingannya toh. hahahhah..
      masalahnya mmg di gaptek bin malas sya rupanya.

      makasih..makasih.. ntar cuba intip settingannya dah. :)

      Delete
  10. aku lihat2 MP orang lucu2 mba, tapi gag tau tuh gimana cara ngelucu2innya. hhehe
    ikutan giveawayku yuk :) -> http://bermimpimeraihsukses.blogspot.com/2012/04/jejak-si-miaw-1-giveaway.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. MP punya saya juga lumayan unyu koq, fa. hahhaha..

      wah, si miaw bikin GA. ntar diintip dah. :)

      Delete
  11. Pernah daftar MP tapi hanya daftar duang, gak di apa-apain..WP juga ada, sama nasibnya spt MP..hanya BP yg aktif..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata penyakit para blogger hampir sma smua yah mbak.
      buat akun tok, utak-atik dikit, kagak sukses lagsung kabur. tos-an dulu aahh.. :)

      Delete
  12. dulu juga aku pnya MP kesringan make krna join sma temen2. cuma skg da off soalnya da sepii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, MP skg sepi. sejak fesbuk menjajah dunia. hehhe

      Delete
  13. Dulu ane pmah bkin multiply tp malah g ngarti -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama koq bro. MP sya juga isinya cuma link doang. sarang referen sma bookmark.

      Delete
  14. haha, saya punya jg blog di multiply
    sebenarnya multiply sebanding dgn fb, apalagi skang sudah bsa chat dengan sesama pengguna mp
    Klo di banding blogspot, mp terlalu banyak kekurangan menurutku. Tak bisa edit html, dan tak support java scrib... Jadinya susah mau pasang iklan dari google adsen.. Pendapat pribadi aja sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul skli boz. mp dah kaya fb, hanya penggunanya yg tak se-bejibun fesbuk.

      untuk pengguna adsens mmg sangat disarankan untuk meninggalkan mp mas. apalgi yang doyan html, css plus script. :)

      Delete
  15. buat guweh, yang d'bes itu tetep wp.
    blogspot mah ngehe.. blag guwe udah rankingnya bagus, tiba2 dibanned.. padahal kaga tau alesannya apaan.
    ca'ur ge..

    kalo wp ma pernah sekali di blok.. cuman ada link buat komplen'nyah. pas guweh isi, besoknya udah bisa log in lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkkwkwk... dendam kesumat berrti ma blogspot yah mas. banyak yg bilng sih klo wp asik. tp dasar sy gaptek masalah edit2 yo weis hidup di blogspot ajah. toh, blognya bukn untuk ngejar adsens.

      klo lebih aman di wp, spertinya pengguna adsens yg domainnya blogspot harus pindah rumah keknya yah. :)

      Delete
  16. sbnerny lgi ngomongin paan sih???
    XD .....
    wkwkwkwwwkkkk

    #mampir yah k blog qu....
    (promo amat ya gw??? ixixxixiiii)

    ReplyDelete
  17. sbelum facebook booming,
    sya msihlah seorg ank mnis yg sma skali tdk mngerti ttg seputar dunia internet.. apalagi multiply! #dg polosnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. preeeettt.. masa sih. dak percaya ah.
      sandy gitu loh. :)

      Delete
  18. Hahahaha, sama, saya juga punya account di MP, tapi dah ga pernah lagi update postingan, hehehe ne: nihayatuzzin.multiply.com. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. ckckkcckk.. dak nyangka sya.
      si aby juga? hahhahaha.. makin banyak sja makhluk2 pengoleksi domain rupanya.

      #geleng2 manggut2.

      Delete
  19. Saya malah belum pernah punya MP. Pernah sih punya keinginan, tapi akhirnya kecantol di WP dan Blogspot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung orangnya juga sih mas. paling demen sma domain yg mana. klo sya pribadi, pake blogspot sma MP. yg blogspot buat nyerocos dak jelas, MP buat nyimpan link.

      klo WP sbnarnya mupeng bener bisa aktif disitu. hanya saja masih sering bingung di settingannya. akhirnya khusuk disini saja. #upss, malah curhat.

      Delete
  20. Saya pernah "kesambet", punya akun blogger banyak, punya MP, flickrblog, wordpress, tumblr, blog Fs, typad dan jarsos2 lainnya... tapi yah dasar saya sederhana dan setia jadi ujung2nya yang apdet cuman satuji. Rumah Matahari, tempatku kembali pulang di dunmay :p

    Ahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul skli sodara. mmg penyakitnya blogger keknya. mencari smpe tingkat dewa, sebelum akhrnya insaf dan menemukan 1 yg nyantol di hati. hahahhh

      Delete
  21. setali tiga uang..akun saya di MP juga mati nggak hidup nggak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alih fungsikan saja mas. kek sya, jdi sarang link dan bookmark. kan lebih ada guna tuw. :P

      Delete
  22. tapi sayang tampilan multiply terlihat tidak profesional untuk dijadikan blog sehingga menarik mata

    ReplyDelete
    Replies
    1. g juga sih mas. sy ada beberapa kawan yg ternyta tampilan mpnya lumayan bagus. tp itu dia, mp mmg paling cocok buat diary keknya. nyimpan memo, skedul ato apa kek. lebih komplit begitu. tp klo sya mah, blog cukup yg ini ajah. mp buat sarang link ajah. :P

      Delete
  23. wah dari dulu bingung ga pernah buka multiply, katanya enak?
    buat gue sih sampe sekarang masih enakan blogspot parah haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg bisa hidup disana pasti bilangnya enak, drey. tp klo sya mah, setengah nafas setengah jiwa. hihih.. setengah2 deh. dak bisa khusuk. blogspot ajah sering hiatus berminggu2 apalgi mp. bulanan booo..

      Delete
  24. Hahaha kalua buat sih emang gampang, tapi "ngerawatnya' itu loh yang susah..mending satu aja tapi isinya "gado-gado"..kalu hanya satu thema blog mungkin jadi jarang-jarang update..ky aku gini nih..punya satu aja jarang di update wakakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo yg itu mah. penyakitq juga sama mas. jarg update.
      hahhaha

      Delete
  25. Ah, jadi kangen sama akun mp.ku, ni..
    Dulu pernah pake MP, soalnya FLP ngenalin blog pertama kali pake MP..
    Tapi, aku bingung mo ngisi apa, jadinya malah gag keurus MP-nya :'(
    Huhu..

    Bener, mbak, emang lebih simple blogger, ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh, si happy anak FLP tow. mancaapp. :)

      iyah, gara2 mbak helvy mmg khusuknya di MP.
      intinya pake yg paling nyaman ajahlah menurut masing2.

      Delete
  26. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    fikiran yang positif bisa menghasilkan keuntungan yang positif pula.,..
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    ReplyDelete
  27. aku sekarang dah jarang nulis di http://anotherorion.multiply.com nya ri, tiap hari masih buka sih, OOT kesana kemari, klo nulis sekarang pindah ke http://anotherorion.com wae, soale di Multiply para costumer servicenya brengsek n bikin keki blogger MP sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. owaaaa... dah kena depak dari mp juga to mas?
      padahal ente kan paling rajin posting. klo sya, gak di mp, di blogspot pun, skg2 seringan hiatus. idenya susah beranak pinak.

      Delete
  28. haha saya juga pernah buat. akun blog pertamaku di mp juga neh.
    aduh langsung ingat MP. mall panakkukang hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bhahahha.... ilang sja, ingatnya pengen shopping. #upss :p

      Delete
  29. Replies
    1. duh, mbak dukun.
      masa' jampe2mu dak mempan buat menangkal kemalasan kek sya?

      Delete
  30. postingan yang bagus tentang blogspot vs multipy

    ReplyDelete
  31. Your οwn article prοvіԁеs proven necessary to myself.

    It’s quіte helpful and you arе ceгtainly quite
    well-informed of this type. Yοu pοssess openеԁ
    up my ρeгsonal eуes for you to numerous views on thiѕ sрeсifiс matteг using intrіguing and
    sound wгitten content.

    Also visit my pagе Klonopin Online
    My webpage - klonopin online

    ReplyDelete

Kawan, silahkan tinggalkan jejak,,,

 

Friend List

Flickr Images

Blogger Perempuan