Wednesday 14 December 2011

Fakta Minggu Ini.

Sayap hayal sedang klepek-klepek, kelelahan..., hari ini memilih tinggal di rumah.
Sahabat sekaligus musuh besar bilang kalau saya sedang galau.
Hebaaattt... bahkan saya sendiri tidak yakin, ini galau apa tidak. Hahhahahh.. lupakan!
Just wanna share, the fact of this week.


1. 
Ternyata ada tampilan baru profil akun blogger yah.
#Ckkckckckkk... Ketahuan jarang BWan.

2. 
Beberapa url di blogroll saya (termasuk yang di My Friend List dan My Reading List) tidak ter-update otomatis seperti biasanya.
#bingung apa hal.
Padahal dah coba hapus trus pasang lagi, tapi masih sama.
Penyakitnya tidak kunjung almarhum. T,T

3. 
Akhir-akhir ini banyak komen spam, padahal notabene dari kawan yang biasa main dan menjejak disini. Kenapa yah? Maklum blogger gaptek.

4. 
Oh, iyah. Beberapa minggu terakhir saya sepertinya terlalu sering bermimpi (dalam arti sebenarnya, mimpi dalam tidur), tentang kawan, orang rumah, lingkungan sekitar.
Memang bukan mimpi yang menghebohkan bin luar biasa.
Tapi bagi seorang saya yang telah lupa rasanya bermimpi selama bertahun-tahun terakhir, ini benar-benar di luar kebiasaan.
Ah, ya. Dalam tidur semalam, saya juga bermimpi.
Aneh.

5.
Tambahan dikit di Rabu pagi. :)
Asyiiiikkk... Anime Rurouni Kenshin alias Samurai X karya Nobuhiro Watsuki bakal dirilis versi filmnya taon depan. 
Dirilis secara internasional pulak. 
Hohohoo..... 2012, Coming quicklyyy... :)

Maaf..
Benar-benar postingan dak jelas. Heheheeh..
Ada yang bisa kasih pencerahan??

Saturday 10 December 2011

John Allyn, Kisah 47 Ronin


Judul : Kisah 47 Ronin
(Judul Asli : The 47 Ronin Story)
Penulis : John Allyn
Penerjemah : Theresa Dewi
Penerbit : Matahati
Tebal : 311
(Cetakan Pertama : Maret 2007)

Buku lama, tapi kesukaan saya pada buku ini sepertinya belum almarhum. :) Yah, saya pecinta samurai dan tetek bengeknya. Dan seperti itulah, kesukaan sepertinya punya cara sendiri men-stir si pemilik jiwa (baca: saya). Hah, hentikan basa-basi tidak berbobot ini, Let's check it out!
"Kisah 47 Ronin", adalah sebuah fiksi sejarah yang bertutur tentang perjalanan balas dendam Oishi Kuranosuke Yoshitaka dan anggota klan Asano demi membela nama baik tuannya. Dalam sebuah perjamuan yang diadakan oleh Shogun Tsunayoshi, Lord Asano terpaksa mengeluarkan pedangnya dan melukai bahu Lord Kira (seorang pemimpin upacara istana yang terkenal korup) yang menghina kehormatan klannya hanya karena Asano tidak bersedia memberikan upeti (baca: sogokan) pada Kira. Asano dihukum mati dengan melakukan"Seppuku" di hari yang sama dengan insiden itu terjadi (14 Maret 1701) tanpa diketahui pengawal bahkan isterinya.
Sepeninggal tuannya, Klan Asano mendadak menjadi ronin (samurai tak bertuan), kastil Asano disita, istri Lord Asano diasingkan dan para anggota klan harus meninggalkan Ako. Tidak cukup harta untuk hidup, terbagi dalam kelompok-kelompok kecil, terpisah jarak, terlebih berada dibawah undang-undang pelarangan membunuh hewan membuat para ronin Asano semakin sulit, tekad membalaskan dendam dan mengembalikan kehormatan tuannya juga mulai terkikis. Dari sekian jumlah anggota klan, bertahan 47 diantaranya yang dengan kesetiaan dan berpegang teguh pada prinsip samurai akhirnya mampu melaksanakan janji pada arwah Lord Asano. Setelah menunggu hampir 2 tahun lamanya, bersabar dan berhati-hati menyusun rencana dalam intaian mata-mata klan Uesiugi (terkenal sebagai pemanah ulung), akhirnya kehormatan klan Asano dan tuannya pun bisa dipulihkan.

Sebenarnya apa yang saya suka dari kisah-kisah samurai?
Kesetiaan, tentu saja.

Kita mungkin mengenal 8 prinsip samurai "Bushido", yaitu Gi (integritas), Yuu (keberanian), Jin (kemurahan hati), Rei (menghormati), Shin atau Makoto (kejujuran), Meiyo (kehormatan), Chuugo (loyal), Tei (menghormati orang tua), atau 5 kebajikan dalam ajaran Kong Hu Cu (Orang Tionghoa pasti lebih tau ini), tapi bagi samurai, "Kesetiaan" menduduki tingkat yang paling tinggi dibanding kewajiban moral yang lain. Mereka tumbuh dengan prinsip :
Setiap orang tahu bahwa seorang samurai tidak dapat hidup di bawah langit yang sama dengan pembunuh pemimpinnya.

Bahkan seorang samurai yang memilih menjadi mata-mata atau pihak antagonis sekalipun masih memegang prinsip yang sama. Kesetian pertama untuk nama baiknya sebagai samurai, bahkan mantan samurai sekalipun. Ada beberapa bagian dari kisah 47 ronin ini yang sangat memotivasi menurut saya, seolah-olah dengan mengulang-ngulangnya akan membuat formula positif tumbuh sedemikian dahsyat dalam jiwa setiap manusia (#sesi lebay) sebut saja kalimat seperti ini :
  • Tidak peduli betapa luar biasa indahnya, para pemburu rusa tidak pernah memandang ke arah pegunungan!
  • Bahkan tetes air hujan bisa membuat batu berlubang.
  • Tidak penting apa yang dipikirkan orang lain, selama kita yakin pada diri kita bahwa kita benar.
  • Kita tidak boleh ragu memilih jalan yang sulit bila memang harus dihadapi, kalau disanalah kewajiban kita, bukan?
  • Hidup seseorang terletak pada tugasnya.
Dan diantara semuanya, saya paling suka malam sebelum penyerangan ronin klan Asano pada Kira, ketika Oishi menasehati Chikara, putranya. Oishi berkata seperti ini :
Selalu ada pengorbanan dalam setiap kehidupan. Bahkan orang yang memilih jalan aman juga harus mengorbankan getar pertempuran. intinya, begitu tahu apa yang kau inginkan, kau harus siap berkorban untuk mendapatkannya. Orang yang menyadari ini adalah orang yang beruntung, yaitu mereka yang tahu dan mau berusaha

Hm, sepertinya John Allyn benar-benar berhasil meramu kisah 47 ronin dengan matang hanya dalam 311 halaman. Tidak kalah bagus dengan kisah Hideyoshi dalam Taiko-nya Eiji Yoshikawa (1142 halaman). Kesetiaan, keberanian, bertaggung jawab, semua prinsip-prinsip samurai dan tetek bengeknya ter-cover dengan sangat jelas, benar-benar memanjakan para pecinta kisah samurai.

Sedikit tentang catatan sejarah 47 Ronin.
Kira KĊzuke no Suke Yoshihisa terbunuh dengan sadis di tangan Oishi Kuranosuke Yoshitaka, dalam sekali tebasan pedang. Kepalanya terpenggal, dibungkus dan diikat pada tongkat Mirura (petugas dapur dan urusan sake, pelayan setia Lord Asano)untuk dipersembahkan di hadapan makam Lord Asano Takumi no Kami. Setelah misi selesai, perwakilan ronin Asano melapor dan siap menyerahkan diri pada Shogun. Keempat puluh tujuh ronin mundur ke kuil tempat makam Lord Asano untuk menunggu keputusan shogun untuk mereka.
Dalam sekejap 47 ronin terkenal di Edo sebagai samurai yang setia (gishi), berhasil menuntaskan kewajiban sebagai bentuk kesetiaan pada majikan. Shogun Tokugawa Tsunayoshi dilematis, ia selalu menekankan pentingnya arti kesetiaan di kalangan para perwira, sehingga nyawa para ronin perlu diampuni karena pembunuhan yang dilakukan adalah bentuk kesetiaan samurai terhadap majikan yang telah diperlihatkan oleh Oishi dan kawan-kawannya dengan sangat jelas. Di sisi lain, hukum memandang perbuatan balas dendam adalah kejahatan yang pelakunya harus dihukum mati. Mayoritas masyarakat mengharapkan pengampunan nyawa ronin yang dianggap menjalankan kewajiban sebagai pengikut setia majikan. 
Shogun khawatir terjadi pemberontakan karena perlakuan khusus. Untuk sementara Oishi dan para ronin lainnya dititipkan pada beberapa daimyo, sambil menunggu keputusan. Shogun membutuhkan waktu beberapa bulan untuk kemudian menetapkan keputusan, memberikan hukuman untuk mati secara terhormat dengan melakukan seppuku (hukuman yang seharusnya diberikan pada samurai bertuan). 4 Februari 1703, para ronin melaksanakan hukuman seppuku di halaman rumah para daimyo mereka dititipkan.

Pada akhirnya, hanya nama yang akan hidup untuk selamanya. 
Para samurai Ako dengan berani menentang UU Shogun dan rela mati demi pemimpinnya, menunjukkan pengabdian pada apa yang mereka anggap sebagai sikap moral tertinggi. 
Ke- 47 ronin dimakamkan di Kuil Sengaku, berdekatan dengan makam pemimpin mereka, Lord Asano Takumi no Kami.

Makam 47 Ronin, Sumber *)

Hm.., melahap kisah-kisah samurai selalu membawa saya pada satu kesimpulan:

Pengorbanan bukan terletak pada seberapa banyak yang engkau berikan.
Pengorbanan sejatinya adalah bagaimana engkau menjaga kepercayaan dan kesetiaanmu pada seseorang pun sesuatu.
Dengan begitu, hidup akan terasa sangat terhormat.
#sesi terwaras saya. :)

Sunday 4 December 2011

Hukum Hanya Nama?

Nyolong gambar disini

kaki tangan hukum meminta legitimasi
apa setiap subjek hukum bebas menari dan mendiktatori fenomena?
apa setiap satu dari semua
adalah makhluk tanpa batasan konstitusi?!!

apa tidak benar?
lalu kenapa hukum terinjak-injak?
apa tidak ada lagi letupan hebat, yang mampu menyuarakan esensi hukum yang sebenarnya?
apa tidak ada lagi aksi yang bisa meng-cover
bahwa hukum adalah institusi dengan nilai kebenaran yang benar??
ataukah memang inderanya telah mati??
atau negara telah memilih bungkam??
hukum hanya nama??


NB: Maaf, sedang kebagian sesi meng-galau. 
Oya, Insya Allah besok 9 Muharram. Muslim disunnahkan berpuasa pada 10 Muharram (Asyura'), dengan keutamaan diampuni dosa-dosa setahun yang lalu. Dan hadist yang menyatakan berpuasa sehari sebelum atau setelah 10 Muharram adalah lemah dari segi sanadnya. Wallahu Alam...

Friday 2 December 2011

Tak Tag, Maka Tak....Kutuk... Part 2

Sedikit intermezo :
Pagi tadi tumben-tumbenan saya OL (biasanya nokturnal alias "ngalong"), sedang stress gara-gara renstra yang dah hampir kelar mendadak hilang. Hadeeehh.. Syukurnya setelah donlot recovery, tuw file dak jadi almarhum. Alhamdulillah yaa..
Sambil nunggu donlotan, ngecek bumiaccilong, shock dah. (lebay) Ternyata dapat tag PR lagi, padahal ada niat kabur. Hehheh.. Ada 4 tag, yo weis.. saya ngerjain sekalian biar cepat bebas hutang. Mugi-mugi dak kecapean bacanya. :) Check it out!

Tugas 11 hal tentang saya dari mbak kettyhusnia
  • 1-10 klik disini (postingan lama, boleh kan?)Insya Allah bakal tahu saya yang gda bagus-nya. Hahahha..
  • No 11-nya sekalian jawab PR SD dari Sam chua ah. Ngirit...ngirit... :)
    Jaman SD, saya termasuk bocah jahiliah. Jelas bener diingatan. Korban saya ntu, anak laki kelas 2 (saya kelas 3), putranya dokter paling bae di tempat saya. Dari kecil saya memang sudah suka sama anak kecil apalagi bolo-bolo kayak anak ibu dokter itu. Senang saya cubit-cubit pipi sama perutnya, apalagi kalo gabung sama teman-teman kelas (baca: teman se-geng), pasti dah tuw anak jadi bulan-bulanan. Kalau diingat-ingat, kasihan juga dan betapa jahilnya saya. Beruntung bagi si bocah, naik kelas 3, ibunya pindah tugas. Pastinya dia senang bukan main tidak bertemu saya lagi. Tapi lucunya setelah sekian taon tidak ketemu, ternyata saya malah seangkatan bahkan utusan dari daerah yang sama dengan dia pas kuliah di IPDN Jatinangor (untuk bagian ini, saya bersyukur sepertinya dia sudah lupa jaman jahiliah dulu dan benar-benar jadi sahabat yang baik buat saya).
    Oya, pernah sekali saya n' the genk gangguin adik kelas yang lain mpe ke keluar pagar belakang sekolah, dikejar anjing pula mpe harus kabur ke rumah orang. Yang mengenaskan, si anjing ternyata begitu setianya menutup satu-satunya akses jalan menuju sekolah. Jadilah sampai jam istrahat berikutnya kami dinyatakan bolos. Tapi bukan anak kecil namanya kalau menyia-nyiakan waktu. Entah ide datang dari mana, seorang teman bercerita kalau di hutan, setelah kebun coklat belakang pemukiman ada batu berdoa (teman saya bilangnya batu malin kundang, anak kecil percaya-percaya saja kita), dianya bercerita begitu heboh, sampai semua penasaran. Jadilah  kami berlima di berani2in mencari batu yang dimaksud.
    Selama perjalanan saya benar-benar merasa itu petualangan yang hebat, mendadak merasa diri sebagai George di Petualangan Lima Sekawan (imaginasi tingkat tinggi, biasa.. anak kecil pengaruh bacaan pun tontonan besar sekali). Itu kali pertama saya bermain-main di tempat yang benar-benar asing. Dan beneran ketemu. sumpah saya bengong-bengong ja. Batu itu benar-benar ada, seukuran anak kecil, seperti batu kali licin, warna putih, sedang duduk dengan tangan tertengadah.   Kata teman saya, beberapa waktu sebelumnya batu berdoa itu duduk di atas batu pipih besar di sebelah batu itu jatuh. Entah kenapa tiba-tiba bisa jatuh tertidur dan tergeletak di tanah begitu saja. Dan lagi-lagi fantasi anak-anak membuat suasana disana meng-horor, dan bagai dikomando, semua mengambil langkah seribu, kabur.
    Well, intinya masa SD saya penuh kenakalan dan kekonyolan khas anak kecil. Syukurnya saya tidak pernah mengacaukan nilai rapor dengan semua hal kekanakan itu. Hehehhe.. Tugas saya beres kan Sam chua? :)
Next, jawaban Kutukan 11 dari ennylaw
  1. Kenapa ngeblog? Karena saya suka menulis, mengapa saya menulis?? Jawabnya klik disini, dijamin panjang seperti pintamu En. :)
  2. Orang yang ingin diisengin? Sepertinya saya tidak pernah pilih-pilih objek yang pengen di usilin. Asal kenal bae dengan dia, weis sikat ae.. Jaman tinggal di barak, saya selalu jadi tim sukses ngusilin teman-teman yang lagi ultah (sudah kebiasaan. Wkwkkwkwkkk).
  3. Cita-cita pas kecil pengen jadi dokter, gedean dikit pengen jadi programer, dan akhirnya mantab ngambil pemerintahan. 
  4. Paling suka ma film bergenre action ma thriller, mpe sekarang paling suka film Taken, The Last Samurai sama Gie. 
  5. Selalu harus ada yang memulai untuk memaafkan. Karena sama-sama salah, mending saya duluan ja. Didiemin lama-lama malah makin tidak enak. 
  6. Kalo disuruh pilih, lebih bagus memaafkan, lebih banyak pahalanya. Bejat begini, saya masih tau diri butuh tabungan amal buat masuk surga. Hehehhehe..
  7. Kalo masalah 3 foto itu saya punya rekomendasi yang lain, en. boleh kan? Saya lebih suka liat Kim Nam Gil sama Park Shi Hoo kalo gondrong, tapi masih kalah sama Yoo Ah In alias Moon Jae Shin sejak saya nonton Sungkyunkwan Scandal taon lalu. 

    Kalo ngikut mata saya, pas bener ketiga makhluk ini dengan rambut panjang di drama  Sageuk pun historical
  8. Dapat 1 trilyun? Keluarin sedekahnya dulu, sisanya nae haji berjamaah dari nenek mpe cucu, buat perpustakaan terlengkap plus beli gadget super canggih (sumpah, bagian ini mupeng banget)
  9. Otodidak apa diajarin? Kalo pelajaran mending berguru, sisanya otodidak. Tapi di luar yang itu, otodidak lebih mantep. Bisa sesukanya, terikat aturan itu dak nyaman. 
  10. Gombal? Waduh maaf, saya tidak pernah bisa merencanakan gombal. 
  11. Ennylaw = apa adanya. :)

Wih, dah panjang bener. Next Kutukan 11 dari my partner of crime si Doraemon. Hokeh, nek. Nie saya jawab juga PRnya.
  1. Buku harian emon? Wani piro supaya saya bilang asyik. :) Memang asyik koq.
  2. Yang paling pengen saya punya dari kantong ajaib, ya... pintu kemana saja.
  3. Menghayal sebelum tidur? Saya kalo mo tidur, sudah pasti ngantuk sangat, dak bakal sempat menghayal. Kena bantal, pluk, zzzz...zz.. 
  4. Paling sedih kalo dibohongi kawan, setelahnya pasti setres. Tapi obatnya mah gampang, makaaan... makaann.. Bisa dibayangkan sedihnya pasti tambah parah kalo dak nemu makanan.
  5. Pertama kali jatuh cinta? Kalo suka berlebihan mah dah sering dari kecil. Wkwkkwkk.. 
  6. Hal terkonyol yang pernah dilakuin, ngejar-ngejar Primus (nyang artis itu tuh) demi kawan yang ngefans abis, mana pake seragam lagi. Hadeeehhh...
  7. Hiatus? Pernahlah (ini kisahnya) atau kalo tidak, gara-gara dak sempat online coz sibuk. Kalo hilang ide sering, obatnya biasanya baca buku ato BWan.
  8. Blogger favorit saya si gadissurat. Terlanjur jatuh cinta dengan isi kepalanya. :)
  9. Pertama kali ngeblog (buat akun blogger maksudnya), akhir juli taon lalu. Awalnya coba-coba, niatnya ingin menyelamatkan catatan FB gara-gara isu FB mo ditutup. :) 
  10. Manfaat ngeblog = dapat banyak info. Seumur-umur ngeblog belum pernah dapat giveaway (dak pernah coba soale tapi niat dapat hadiahnya mupeng bener. hahahhahah)
  11. Saya jawab kutukanmu dengan setres, dora. Soalnya jari saya dah kolaps bis ngetik Renstra semingguan. Hahahhahaha

Well, its finitto. Hohohoo..
Eh, saya juga mo tanya 11 hal berikut :
  1. Mengapa kamu menulis? #hitung-hitung melanjutkan survey saya yang terhenti beberapa waktu lalu
  2. Postingan di blog yang bagaimana paling kamu suka? Diari, info, SEO, hal-hal kontroversi, review atau ...... (isi sendiri)?
  3. Blogger jenis mana yang paling tidak kamu suka?
  4. Kalo ada kesempatan ketemu artis siapa?
  5. Suka baca buku dak? Paling demen ma buku-buku penulis lokal/ luar yang mana?
  6. Paling suka angka berapa? Kenapa?
  7. Apa nasehat yang pernah kamu dengar dan tidak pernah lupa sampai sekarang? Nasihat dari siapa itu?
  8. Kalau dikasih kesempatan mengulang waktu, pengen kembali masa yang mana?
  9. Apa pengalaman kamu yang paling mencenangkan dan tidak terlupakan?
  10. Menurut kamu, orang-orang insomnia karena apa?
  11. Tolong review dikit tentang blog saya dungz. :) (pendapat kamu tentang blog ini maksudnya, saran dan kritik).
Horeee... dikit lagi rampung. 
Daaaann... dengan mantap saya estafetkan kutukan ini pada orang-orang beruntung berikut :

Well, yang kena tag silahkan dilanjutkan tongkat estafetnya. 
Jangan lupa sebutkan 11 things about u, jawab 11 pertanyaan saya tadi dan silahkan di-tag pada 11 orang beruntung berikutnya. :)