Kare Campur ala Accilong

Sedang mendadak Chef. ^^

Saya orang doyan makan tapi tidak jago masak. Maklum termasuk spesies yang dibesarkan asrama. Bisanya mencampur bahan ini itu sesuka hati. Biasanya paling demen bereksperimen dengan makanan berkuah, sup, mie kuah, capcay. Mencintai kemiri, kentang dan maizena. Rasanya menyenangkan melihat beragam warna bercampur jadi satu, saling mendukung rasa satu dengan lainnya. Seolah-olah dunia kecil mendadak hadir dalam sepiring kuah yang entah.
(Doh, hentikan basa-basi ini)
Here we go.
Namanya kare campur, tanpa daging dan full sayuran. 
Maaf, pencahayaannya kurang

BAHAN :
Tahu (1 blok)
Kentang (2 biji)
Wortel (2 biji)
Buncis
Sawi 
Bihun Jagung 

(sebenarnya lebih enak pakai kol daripada sawi, tapi di rumah lagi kosong jadi seadanya saja. Bihun jagung juga boleh diganti bihun biasa. Cuma yahh, cepat benyek kalo bihun biasa. Kare harusnya pakai santan tapi karena saya tidak suka saya ganti dengan kentang rebus yang ditumbuk halus, boleh juga di blinder dengan telur rebus. Ini yang bikin kuah kare saya enak. #PeDe)

BUMBU :
5 Siung Bawang Merah
3 Siung Bawang Putih
2 Biji Kemiri
2 Buah Lombok Besar
Ketumbar (secukupnya coz tidak doyan sama baunya)
1,5 cm Laos 
1 Batang Serai
Garam
Penyedap

PELENGKAP/ TABURAN :
Bawang Goreng
Irisan Bawang Daun
Telur Rebus

CARA MEMBUAT :
  1. Tahu dipotong dadu, goreng setengah matang.
  2. Rendam bihun, sayuran dipotong dadu lalu direbus. (Sawi dan buncis dimasukkan belakangan)
  3. Haluskan bumbu lalu tumis hingga harum (laos dan serei dikeprek), masukkan kedalam kuah. Biarkan sampai mendidih.
  4. Masukkan tahu, bihun dan pengganti santan (kentang rebus yang sudah ditumbuk halus atau diblender dengan telur rebus. Diblendernya setelah dingin).
  5. Tambahkan garam dan penyedap.
  6. Setelah mendidih kembali, angkat, sajikan, tambahkan pelengkap/ taburan.



Random note :
Empat tahun kelulusan, dan euforianya tidak pernah benar-benar hilang. Titip doa untuk semua sahabat PPM IPDN Angkatan XVII, selamat berbakti pada pertiwi, langit masih sengit aroma tantangan. Bhinneka Nara Eka Bakhti! 

18 komentar:

  1. pembenaran utk tidak pandai memasak dengan "menyalahkan" kehidupan asrama ya kak ? :)

    pantesan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahhah.. kurang lebih, sedikit banyak, yaahh..

      Delete
  2. Sayang warna kuningnya kurang keliatan...duh malem2 jadi ikutan pengen kare nih, besok beli ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, pencahayaannya kurang. keburu lapar dak mikir ngambil foto bnyak2. tp bisa tuw diklik fotonya, biar gedean

      Delete
  3. selepas baca postingan ini.. laper...
    aaa. besok beli semua bahannya ah.. saya praktekkan di kost :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh-boleh. :P
      mmg klo lgi gda keejaan plg asyik berekperimen, campur ini itu.

      Delete
  4. Acci, apa boleh awardnya diganti dgn sepiring kare?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dooh, kerjainlahh tasknya.
      sy penasaran soale. hahhah

      Delete
  5. urusan memasak saya angkat tangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ekekkekekkk..
      sy kalo masak dengan bumbu dan takaran yg seharusnya jga bakal angkat tangan broth. lebih nyaman, masak pake bumbu dan takaran versi saya sendiri. hahhah..

      Delete
  6. Eh, sama, Ci. Aku juga kol dan sawi itu selalu saling menggantikan, hihihi..
    Itu kayaknya enak banget deeeeehhh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tp sudah masuk kuah, lebih enakan sawi yah mbak. krenyes-krenyes gitu. suka saya sma sensasi kriuk gimanaaaa gitu.. sama enaknya dengan tauge ato buncis setengah matang. sukaaaaaa.. duh, jdi lebay :)

      Delete
  7. yang ini ni, bikin laper... tpi liatnya kok kyak ribet banget hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan ribet, tapi sayurnya yg pda rame pengecekan. :)

      Delete
  8. boleh juga dicicipi buat makan siang hehe

    ReplyDelete

Kawan, silahkan tinggalkan jejak,,,

 

Friend List

Flickr Images