Memeluk Ingatan

Memeluk Ingatan

Kepada siapa kami melarung
ketika mata dirajam rindu
sedang kanal waktu mencatat jarak sedemikian jauh
tanpa titian

bahkan dupa telah pensiun
tak sanggup membawamu kemari

lalu..
ke mandalawangi kami berlari
sebuah pesta...
angin berjingkrakan.. edelweis menari..
sesekali bersulang
menenggak nelangsa yang hampa
tapi kau tak kunjung datang

disini...
kami...
masih memeluk ingatan

~Accilong - 2012~

"Ungkapan Anti Biasa, Ungkapan Dengan HTML"


Note :
Seharusnya ini untuk Soe Hok Gie (17 Desember 1942-16 Desember 1969), semacam pesta dan cinta di bumi accilong (bukan Buku, pesta dan cinta di alam bangsanya) untuk mengenangnya. Hanya saja kepala saya sepertinya tidak bisa berkompromi dengan waktu, terlalu sering lupa mengecek draf. Hampir kadaluarsa. Hm.. tapi bukankah tidak ada kenangan yang kadaluarsa? Sebab sejatinya ia selalu ada, hanya melindap dan memilih diam untuk beberapa waktu sebelum ia kembali menyapa. Ah, entahlah. Yang pasti, ia masih disini, dalam benak saya. :)

45 komentar:

  1. mmmmm tidak ada terlambat, lbh baik terlambat daripada tdak sama sekali..haha otak saya sedang mencerna bait demi bait mmmmmmm

    ReplyDelete
  2. kirain ikutan puisi pake html juga mba. hehe
    keren deh Gie.. i love him, mba! jangan rebut dia dariku. :P

    ReplyDelete
  3. wuiihh... otak saya juga sedang mencerna kata demi kata kak meutia :D HHE...

    PUISInya bagus kaak :D

    ReplyDelete
  4. Wah, aku blas gak paham tentang Soe Hok Gie.
    Cuma tau namanya doang...
    dan Nicholas Saputra...

    ReplyDelete
  5. @mbak muti: mmmmm nya itu loh koq seperti org makan yah? hihihi.. jgn bilang mencerna versi mbak muti itu maksudnya dak ngerti. mau gimana dungz, sya klo nulis sllu tak bisa mendayu-dayu bin romantis. makanya ajar adik qey ni. :)

    @asep: naon atuh, wih??

    @syifa: sya ikutaaannnn... :) postingannya dah sya ganti versi html cuma masih dak yakin, jgn2 out of topic. hihihi... whatever lah.. hitung2 cari pengalaman, kan turut meramaikan.
    em...em... tp tetap sja, gie hanya untuk sya seorang. #dak mau kalah.

    @awa: yuk, mareee.. :) makasih dah klo dibilang bagus. padahal kan sya paling dak ngerti aturan puisi. hihihii

    @una: dngar soe hok gie pasti ingat nico kan? bukan gie yg asli. hehheheh... dak papa kli, na. sya hanya menyukainya dan mencintai isi kepalanya. :)

    ReplyDelete
  6. tidak bosan kukatakan "aku suka tulisanmu achi"
    saya tak perduli ini kata2 terlaknat bagimu... wkwkwkwkwk

    semoga sukses..!!!

    ReplyDelete
  7. Gieeeeeeeeeee.........balik ke dunia lagi yuuuuukkkkk.. tapi jangan di jamanmu... di jaman sekarang ajaaaa...hahahahhaha

    ReplyDelete
  8. Jawab Gie: "Tidak duhai Achi.. Justru aku yang sedang menunggumu di sini"

    #Nahloe!^^

    ReplyDelete
  9. Puisi diterima, Stempel tanda keikutsertaan berupa JoSang (Joget Pisang) juga sudah dipasang.
    Tinggal nunggu saat keberuntungan.
    Terima kasih atas partisipasinya dan Salam Saya buat orang tersayang

    ReplyDelete
  10. bagus!!, kirain sinopsis dari novel bertemakan cinta hehe...

    ReplyDelete
  11. waaaaa....keren bgt neneeekk...
    ga tau kenapaa...aku suka bgt bahasamu di puisi ini..memeluk ingatan...hmmm..sweet lah..
    *speechless*

    ReplyDelete
  12. selalu sesuatu yg berbeda disuguhkan disini..nice poem mbak :)

    ReplyDelete
  13. kenangan hanya bisa diingat dan diabadikan,smoga kenangan indah ya mbak....?

    ReplyDelete
  14. Saya masih mengingat dan mencerna isi bait demi bait Puisi Kak Acci ini hehe, bahasanya berat bnget Kak wkwkwkw

    ReplyDelete
  15. kalau kagak salah Sok Ho Gie itu,pujangga & penyair sama kaya W.S Rendra ya ?

    ReplyDelete
  16. Wow.. Puisinya MANTAFFF BGT tuh Mbak!!
    Dedikasikan kpada Soe Hok Gie lagi.. SALUT!!!
    Secara Ayas belum mengenalnya.. cuma pernah liat Pilemnya doang..
    Tapi tampak begitu di rindukan.. fenomenal!!
    I Like it!!!
    ^_^

    ReplyDelete
  17. ada satu blogger yang selalu berkisah tentang Soe Hok Gie neng, dan dhe pernah baca beberapa surat Soe Hok Gie.. dan wajar, kalo kamu suka dengan Gie.. nice poem :)

    ReplyDelete
  18. Menikmati diri sebagai pemuja pujangga..

    ReplyDelete
  19. @mas insan: hentikaaannn!! berikutnya, begitu nyebut kata2 itu, mesti bayar retribusi. ekekkekekk..

    @sam: hahahhahah... iyah, setujuuuu..

    @bf fahri: baiklah klo begitu, gie. sya akan kesitu. sklian ngajak kawan2 sperti bg fahri, biar rame. :)

    @marsudiyanto: makasih pak, ternyata dapat stempel josang yah. hehehhe..

    @yayack faqih: wkwkwkkkkkk... ada2 ja masbro ni.

    ReplyDelete
  20. @ary: sesekali tow, ry. mumpung kepala lgi waras.

    @nick: hadeeehhh.. gda uang kecil nenek!!

    @mbak ketty: masa' sih sellu beda? mungkin sllu aneh maksudnya mbak. klo yg itu sya terima. dah biasa dengarnya dr kawan. hehehhe

    @al kahfi: kenangan... prasasti... bifurkasi.. #hah, bahasa apa ini.

    @sofyan: alamaaaakkk... ni anak klo sya nulis puisi sllu saja dibilang berat. padahal g bawa2 beban gitu. wkwkwkwkkk.. itu artinya tulisanq dak pas buat penikmat puisi jenis sofyan. mungkin si sofyan lebih suka yg bahasanya indah. maklum sya tdak bisa romantis. biar org lain ja yg romantis buat sy. hohoho

    ReplyDelete
  21. saya suka diksinya, kosakatanya cerdas

    ReplyDelete
  22. @andy: penyair/ pujangga iya. tp lebih tepat lagi aktivis 66. sya suka coz idealisme yg mantab. sastranya jga mantabz bener dia. penulis paling kontroversial dijamannya. suka sya.

    @bagi2blog: filemnya mmg keren. apalagi buku2nya. Gie mmg mantabz.

    @dhe: dheeeeeeee.... hehehhe...iyah... sya penggila gie dan tetek bengeknya. tak habis2 sya bercerita ttgnya. hanya sja dalam tak habis2 itu, tak pernah bisa lengkap kisahnya. selalu sja kurang. heheheh..

    @choirunnagim: ada dualisme nih di komentarnya. :)

    @blackbox: hah, fadli. dibanding tulisanmu dan semua diksimu, ini tdk ada apa2nya, diks.

    ReplyDelete
  23. gut lak buat kontesnya
    =)

    ReplyDelete
  24. Aku gak gitu ngerti bhs puisi, tp rangkaian kata2 yg kamu tulis enak dibaca.. Utk Soe Hok Gie ya.. :-) Aku mengenalnya lewat pilem Riri Reza bjudul GIE..

    Slm kenal ya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zasachi: sya juga sebenernya dak ngerti puisi mbak. makanya labelnya cuma berani blg "ala aku puisi". hehhehe.. gayanya sya sja nih blg suka puisi. :p
      tp klo gie, mmg suka bener sya. jatuh cinta dgn isi kepalanya sejak tau dia. :)

      Delete
  25. permainan kata yang sempurna, semoga gie menyukai puisix kk aci.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @emi: diksiq mah biasa, emi. kalo mau yg keren, jabangi blognya fadli. mantaf tuw anak.

      Delete
  26. Ya, memeluk ingatan akan kebersamaan..
    Mengenang masa jaya di SMU kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ary: sekedar share ini mah. coba2 ikutan giveaway sobat blogger. dan alhamdulillah belum menang. hehehhe..

      Delete
  27. wee..kereen!
    saya suka bagian ini
    "bahkan dupa telah pensiun
    tak sanggup membawamu kemari
    lalu..
    ke mandalawangi kami berlari"

    bagus kak!
    setauku, pernah ad penerbit yg cari tulisan all bout GIE..saya rasa puisi in layak terbit ^^d

    ReplyDelete
    Replies
    1. @clk7: widiiiihh.. klepek2 sya dibilng bagus. wkwkwkkwkkk
      ah,setengah2 nih infonya, kli ja mmg layak, sya kan mupeng terkenal. hihii... maunya. ah, tau diri sya mah. :)

      Delete
  28. Ck..ck..ck speechless :D

    ReplyDelete
  29. terasa sekali, dari hati yang terdalam seorang pengagum ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya...saya....
      saya sangat2 rindu dgn pemikiran gie. hehhehe

      Delete
  30. hehehe.... lumayanlah ngobatin rasa kangen sama alien ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh, tersirat tuw.
      sudh berapa bulan sya tidak benr2 sdg menulis.
      salut dah sma idemu yg tak pernah habis

      Delete
  31. "Tak ada kenangan yang kadaluarsa".. kereeen mba ^^d

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah sekian lama, akhirnya mampir lagi yah. saya sndiri makin jarang BWan.ckkckck..

      Delete
  32. wihhh kereen.
    Saking keren, sayapun bingung dibuatnya. Wkwkwkwkwkwk

    1000jempol untuk puisinya. :D

    ReplyDelete

Kawan, silahkan tinggalkan jejak,,,

 

Friend List

Flickr Images