Fakta Unik di Balik Tewasnya JF Kennedy dan Lincoln

JF. Kennedy
Beberapa waktu lalu saat membaca sejumlah buku, saya menemukan beberapa informasi yang menurut saya sangat menarik. Ini tentang kesamaan yang dramatis dari konstruksi hidup dua Presiden Amerika, beda lokasi, beda generasi, tapi satu cerita. Adalah Abraham Lincoln dan John Fitzgerald Kennedy. Yang pertama terpilih Presiden AS pada tahun 1860 dan yang kedua terpilih pada abad berikutnya tahun 1960. Sama-sama terpilih sebagai Presiden AS setelah bergulat di kongres selama 14 tahun. Lincoln memulainya pada tahun 1846 dan Kennedy pada abad berikutnya, tahun 1946.
Fakta selanjutnya, bahwa kedua Presiden tersebut juga tewas dengan cara yang sama. Yapz, terbunuh. Keduanya terbunuh pada hari Jumat, tepat di samping istri masing-masing. Terbunuh dengan cara yang sama pula, tewas dengan sebutir timah panas yang ditembakkan dari arah belakang. Sungguh mengenaskan. Lincoln terbunuh di Ford's Theater sedang Kennedy ketika mengendarai mobil Lincoln dengan kap terbuka buatan Ford Motor Company. Lincoln tertembak di teater dan pembunuhnya bersembunyi di gudang. Kennedy tertembak dari sebuah gudang dan pembunuhnya bersembunyi di teater. Belakangan diketahui pembunuh keduanya juga berasal dari wilayah yang sama, wilayah selatan yang dikenal memiliki pandangan ekstrim. Pembunuh Lincoln bernama John Wilkes Booth dilahirkan pada tahun 1839, sedangkan Lee Harvey Oswald, si Pembunuh Kennedy dilahirkan pada tahun 1939, seratus tahun kemudian. Hidup keduanya pun berakhir sama, terbunuh sebelum sempat diadili.
Sepanjang sejarah pemerintahan kedua Presiden beda masa tersebut, dikenal sangat peduli pada hak-hak sipil, terutama untuk orang negro. Sejarah juga mencatat bahwa selama mendiami gedung putih, keduanya juga sama – sama kehilangan seorang anak laki-laki. Fakta lain menyebutkan, seminggu sebelum Lincoln tertembak, dia berada di Monroe, Maryland. Bagaimana dengan Kennedy? Seminggu sebelum tewas tertembak, dia bersama Marilyn Monroe. Lalu sehari sebelum kejadian nahas tersebut, kedua sekretaris masing-masing telah menyarankan kepada Presidennya masing-masing agar tidak menghadiri acara namun keduanya menolak. Dan jadilah acara tersebut sebagai tempat keduanya meregang nyawa. Hampir terlupa, nama depan sekretaris pribadi Lincoln adalah John, sedangkan nama belakang sekretaris pribadi Kennedy adalah Lincoln. Sungguh mencenangkan!
Tidak berakhir sampai disini, kekosongan jabatan Presiden secara langsung mengukuhkan Wakil Presiden terpilih untuk mengisi posisi tersebut. Dan lagi-lagi, keduanya digantikan oleh wakil presiden yang bernama Johnson sama –sama anggota partai demokrat dari selatan dan mantan senator. Pengganti Lincoln bernama Andrew Johnson yang lahir pada tahun 1808 sedangkan pengganti Kennedy bernama Lyndon Johnson yang lahir tahun 1908, tepat seratus tahun kemudian.
Wow, saya benar-benar dibuat terbengong-bengong saat pertama kali mengetahui fakta-fakta ini. Anda?? Bingung??? Kagum??? Ckckck, sungguh Maha Besar Sang Pencipta dengan semua rahasia di balik setiap perkaranya. Subhanallah…


3 komentar:

  1. wahh.. saya baru tau... bener bener membuktikan bahwa hidup ini ada yang mengatur... subhanaLLAH

    ReplyDelete
  2. iyah betul2 aneh,,, saya juga pernah baca kesamaan ini di majalah Annida wktu zaman SMA dulu... :D

    ReplyDelete

Kawan, silahkan tinggalkan jejak,,,

 

Friend List

Flickr Images