Flipora, Sosial Media atau..?

Sosial media sepertinya sedang booming-boomingnya, maksud saya bukan facebook atau twitter tapi beberapa sosmed yang aplikasinya sudah tersedia alias siap unduh di setiap gadget.  Indonesia sendiri sepertinya pasar yang cukup menjanjikan, sebut saja whatsapp yang buatan amerika, line dari jepang, kakaotalk dari Korea dan terakhir Wechat dari Cina. Cukup 5 menit saja pantengin tipi, niscaya akan bertemu dengan sejumlah iklan aplikasi yang rajin wara-wiri itu. Kebetulan saya juga pengunanya, bukan aktif tapi juga tidak terlalu pasif. :)

Secara umum sepertinya sama saja, sekalipun setiap pendiri aplikasi tersebut akan membantah dengan alot bila dikatakan sama. Semuanya mengklaim punya fitur yang lebih mantab dari yang lain. Kalau saya pribadi, lebih nyaman dengan whatsapp dan line. Kalau tidak salah, saya menggunakan whatsapp sejak februari 2010, saat masih gratis untuk penggunaan setahun. Merasa nyaman dan berlanjut hingga sekarang. Berikut line, saya merasa nyaman dengan ketersediaan timelinenya disamping aplikasi chatnya.
Capture play store
Yah, sekalipun iklan KakaoTalk lebih keren tentunya, coz ada Sherina dan Big Bang nya. Yah, saya nge-fans, mereka sama-sama serius dengan musik. Coba Line pake pake Donghae-Super Junior, saya mungkin akan lebih suka iklannya. :) Hebatlah mereka yang bisa membaca pasar. Begitu pake Sherina dan Big Bang, tidak sampai sehari melesat pula jumlah pengguna KakaoTalk di Indo. Iklan yang dijadwalkan hanya 3 minggu itu, masih berlanjut hingga sekarang. Dan sampai kemarin, masih nomor satu tuh di aplikasi favorit Play Store Indonesia. 

Lalu apakah ini review aplikasi Sosial media??
Bukan, saya sedang tidak bermaksud untuk itu, hanya ingin berbagi sedikit informasi tentang (mungkin) sosial media yang baru. Ceritanya, selasa siang kemarin, saya sempat mampir ngecek email. Ada notif dari kawan, invite tentang mainan baru yang entah apa, namanya Flipora. Saya main klik ajah, gegara pengirimnya dari kawan terpercaya. Penampakan emailnya kurang lebih begini:
Pict from
Sebenarnya kalau saya mau teliti sebentar saja dan tidak asal klik, akan ketahuan kalau email itu sebenarnya dari info@fliporamail.com atau info@info-emailer.com, hanya saja dibuat seolah-olah berasal dari kawan kita. Setelahnya penerima email akan dipandu untuk mengisikan sejumlah informasi diri, layaknya sedang membuat akun-akun seperti biasanya. Hanya saja, saya mulai merasa aneh, ketika berkali-kali link ini meminta password email. Tapi lagi-lagi apes, saya tidak sengaja mengklik ajakan ke sejumlah kontak yang ada di email saya. Sampai detik ini saya belum terima komplen, semoga saja kawan di kontak saya yang kebagian email dari saya, tidak ikut-ikutan follow link seperti saya. 

Lalu masalahnya dimana? 
Ternyata Flipora ini mengambil alih browser saya. yang biasanya settingan defaultnya google.com, ini desktopnya flipora yang muncul. Gegara penasaran, saya mulai googling tentang Flipora. Informasi pertama yang saya dapat, Flipora semacam Sosial Media, itu hasil stalking saya di twitter. Wah, saingan barunya Line, KakaoTalk dan Wechat keknya nih, pikir saya. Yang muncul di browser paling add-ons, seperti yang muncul kalau habis donlot game, atau seperti 4shared yang kadang jadi default browser.

Saya lanjut pelototi Mbah Google, tapi dapatnya link-link berbahasa inggris saja. Sepertinya mulai ragu, berarti ini barang masih sangat baru, review versi Indonya saja belum ada. Terakhir sampailah saya di link ini, (dengan english alakadarnya) disitu secara singkat disebutkan kalau itu semacam spammer, juga disusupi program pencurian data, terutama data kartu kredit (bagian yang ini saya dak ngerti), tapi begitu keluhan dilayangkan ke CEO Flipora, ia mengklaim situs mereka bukan virus atau spam, apalagi untuk menjual informasi pribadi siapapun. Dan.... saya bingung. Sebenarnya Flipora itu apa?? Saya berharap ada yang bisa memberikan pencerahan setelah mampir di postingan ini dan lebih baik jangan meng-klik bila menerima email seperti gambar sebelumnya.

Well, bersama ini, saya minta maaf pada kawan di kontak email saya yang terlanjur menerima/ terganggu email serupa. Maaf, benar-benar maaf. _ _

Random
Sudah seminggu ini akun FB saya rada aneh. Saya tidak bisa login dengan password yang biasanya. Cek per cek ada login dari IP tidak dikenal sebelumnya, padahal saya tidak pernah login di sembarang PC. 
Berkali-kali saya ganti dan coba pulihkan tapi nihil. Untungnya Senin kemarin saya berhasil mengembalikannya. Di timeline tidak ada yang mencurigakan, entah apa yang sebenarnya terjadi. 
Lalu setelah email Flipora ini datang, sudah 2 hari ini setiap mau login selalu saja ada laporan kalau ada login mencurigakan sebelumnya dan permintaan ganti password lagi. 
Apa ini ada hubungannya? Binguuuuungg..

Update :
Barusan ane googling2 lagi, ada kabar (cukup) menggembirakan. Flipora itu hampir serupa dengan google, search engine besutan Infoexe Inc yang bisa merekomendasikan situs-situs bagus sesuai topik yang dinginkan. Juga memberikan kemudahan menandai website yang sering dikunjungi tanpa bookmark. 
(Berarti mirip dengan bookmarks google chrome yah). Tapi saya masih penasaran, koq ya di google dan forum-forum online, banyak yang mencak-mencak bilang ini virus. Saya pribadi menganggapnya begitu, gegara komput sering corupt setelahnya. Syukurnya lumayan mudah me-removenya. Bagi pengguna Chrome, tinggal klik kanan icon flipora di sebelah kanan bar searching website trus remove/ delete atau setting langsung dari control panel. Eh, koq, mendadak jadi blog tutorial yah? :)
Well, waspadalah.. waspadalah. #lebay


UPDATE FIX :
Ini copy link dari komentar di post ini yang benar-benar sangat membantu. Silahkan klik
CARA UNINSTALL FLIPORA
Terima kasih banyak buat anonim yang sudah bagi inpoh fliporanya.
Semoga bermanfaat semuaaa.. :D

47 komentar:

  1. oh pantes aku dapat hal yang sama bertuliskan undangan dari mu nek :( dan karena darimu ya aku approve jg :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhah, maaf opa. ini karena kedangkalan ilmu sya. :)

      tpi sudah ada berita bagus tuw. mugi2 mmg begitu

      Delete
  2. kekeke, untung saja saya udah pernah nemuin hal gini dikompi ibu saya.
    jadi waktu situ ngirim ginian
    langsung hapusssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukurlah, artinya situ baik2 sja.

      Delete
  3. apakah bisa dikatakan flipora itu spammer atau pishing, kalau sudah terlanjur begini sebaiknya ganti semua paassword mbak , untuk facebok sebaiknya gunakan notifikasi by sms agar tidak mudah dibobol.
    terima kasih untuk sharingya, sangat berguna bagi saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya masalah spam dan tetek bengeknya ane dak ngerti, taunya pake dumay ajah.

      klo fb, saya jarang ol. setting pengaturannya juga rada ribet. mungkin gegara itu kali yah, gampang dibobol.

      sy juga tingkyu atas sarannya. :)

      Delete
  4. Replies
    1. dari email saya juga yah? hihihi. aduh maaf.

      Delete
  5. Kayak semacem AVGsearch juga mungkin, yg otomatis ngedefault di GC setelah kita instal anvir AVG. Lebih berupa search engine daripada socmed!

    *na'udzubillah! Malah OOT kmana-manah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. smpe hari ini, blum yakin jga sih virus apa bukan. hahahha

      Delete
  6. iklan line skrg siwon mbak ehehe
    wah flipora ya, nanti klo cek email ada email aneh tidak kubuka.info baru nih. salam kenal hima

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaee. skr nunggu yg versi siwon sma agnes dah.
      #mimpi

      Delete
  7. makasih banyak atas infonya

    ReplyDelete
  8. itu spammer mba, maka'a kalau ada email selain dari temen, bos atau client pasti langsung aku delete soalnya udah pasti spam

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, sya kurang protect negh.
      kebiasaan jelek, pas buka beberapa email lgsung pke tnda panah next. padahal lebih aman, buka langung dri desktop emailnya, lebih keliatan sapa pengirimnya.
      masukan buat saya ini.

      Delete
  9. Wah, merasa dapat informasi nih.
    Saya dapat email serupa dari teman2. Saya perhatikan dan saya SANGAT2 CURIGA.
    yang menjadi pertanyaan saya adalah NGAPAIN ORANG LAIN (FLIPORA) MINTA KUNCI TETANGGA (PASSWORD EMAIL SAYA). Jika mau bener kan paling tidak buat account ndiri ya passwordnya masing2 donk.
    trims buat infonya. dan aku delete email tsb.
    :)

    ReplyDelete
  10. Untungnya bisa lenyap ya ....:)
    Oya, maaf ya awardnya baru saya posting ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh.. iyah, bun.
      tp dak yakin juga apa sudah benar2 bersih. i hope so

      Delete
  11. kalo dari mozila gimana hapusnyaaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh, maaf. saya juga belum tahu.
      gegara bukan pengguna modzilla sya

      Delete
  12. tolong dibales yaaaaa. makasih :)

    ReplyDelete
  13. hai achie...
    kalo saya kalo ndak berani meng-klik yang aneh2.... :)

    sebenarnya saya pernah mengunduh aplikasi di play store. ternyata itu terindentifikasi sebagai virus.... butuh waktu seminggu buat mecahin masalah virus itu.

    dan sekarang mulai hati2 buat klak-klik yg blum kenal di playstore. takut data di hp nggak terselamatkan. ;)

    nyambung gak ya komen saya ini...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyambung..nyambung. hahha

      sya sudah 2x reset andro. kurang tau gegara virus apa bukan. sama lookout sih dak kedetek virus, cuma layar kadang lag.
      alhamdulillh setelah reset, balik lagi.

      Delete
  14. Terima kasih atas artikel dan gambar menariknya. Semoga menjadi inspirasi buat kita semuanya. Salam kunjungan dari blog
    http://dengandemikian.blogspot.com/

    ReplyDelete
  15. artikel ini bisa menambah wawasan baru dan tentunya bisa dicoba, salam kunjungan

    ReplyDelete
  16. artikel ini menarik dan bisa menambah wawasan baru, salam kunjungan

    ReplyDelete
  17. makasih makasih udah share pengalamannya... beneran bermanfaat...

    maka dari itu jangan sembarang klik2 pesan yang ada di gmail... tuh kan endingnya dapaet ilmu juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. betull. berhati-hati lebih baik.

      Delete
  18. haha, saya beruntung, inbox e-mail saya belum sempat dikunjungi sama Flipora. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sya doakan jgan sampe lah.
      cari aman sjah

      Delete
  19. Pengalamannya sama kayak saya, Flipora emailnya kayak bunglon, kirain saya sosmed / G+,cara remove Flipora gmn ya? ngga bisa2 neh
    thanks u & salam kenal

    ReplyDelete
  20. Pengalamannya sama kayak saya, Flipora emailnya kayak bunglon, kirain saya sosmed / G+,cara remove Flipora gmn ya? ngga bisa2 neh
    thanks u & salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah ada update terbaru tuw. semoga membantu smuanyaaa..

      Delete
    2. merepotkan juga yah, flipora itu...

      Delete
  21. Sekedar berbagi aja. Flipora ini sebenarnya udah ada dulu, namanya infoaxe, tp ganti nama coz udh banyak bgd komplain coz ini aplikasi ga bener. Jadi sistemnya gini. Aplikasi ini nyimpen data browsing kita dan menggunakan matriks formulanya yang menghasilkan data pencarian. Tapi..disini ga benernya..dalam proses penyimpanan data ini, aplikasi ini bergerak layaknya malware. data yg udah mereka store/simpan dibagi (klaim mereka sih ga dijual, tp logika nya trus mereka dapet untung dari mana? apalagi lawan perusahaan raksasa google) ke pihak ke 3 alias perusahaan2. jadi udah sistem pencarian ga valid, ga jelas n ditawarin banyak iklan..parahnya, dia bakal ganti tampilan web kita(mozila/chrome)! klo mau uninstall cek ini http://malwaretips.com/blogs/remove-flipora-search/

    semoga membantu! JANGAN INSTALL INI APLIKASI. UDAH DISAMPAHIN N DILAPORIN KE KEPOLISIAN (DI INGGRIS SONO!) Sekedar info, ini aplikasi bikinan rekan se negara nya raam punjabi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih banyaakk..
      ini komen yg sangat mmbantu.
      :P

      Delete
    2. komennya sangat membantu :)
      kemarin saya menerima email sejenis itu dan setelah saya klik salah satu linknya saya dibawa ke alamat flipora. untungnya saat diminta masukkan alamat email dan password tabnya lansung saya tutup. karena penasaran dengan flipora, saya langsung googling dengan keyword 'flipora'. hasil pencarian paling atas adalah flipora.com (web resmi flipora) langsung saya klik dengan niat biar dapet info langsung dari web resminya. tapi anehnya saat saya klik nama saya langsung ada disana (seolah2 saya punya akun flipora) padahal kan saya tidak pernah menuliskan alamat email dan password saat diminta sebelumnya. setelah itu lansung saya sign out.
      pertanyaannya, apakah dengan mengklik salah satu link dalam email spam tersebut data saya dapat tercuri? (mengingat saya tidak memberikan alamat email dan password setelah menklik link tersebut)
      maaf panjang, mohon pencerahannya dan terima kasih sebelumnya :)

      Delete
  22. Barusan dapat email dari teman kantor untuk gabung di flipora....pas linknya di klik...eh minta password email....awalnya belum curiga...tapi pas mau ngetik 3 huruf terakhir password, gw mulai curiga....kog ini minta password email sih....nah langsung deh gw googling....ternyata begitu toh....untung saja gw belum gabung.....

    Thanks atas infonya ;)

    ReplyDelete
  23. thanks sharingnya...dapet email dari temen deket...kirain invite google+. untungnya pas diminta password langsung ngeh kok di bowsernya flippora bukan google+. trus browsing...dapet info ini....makasih ya...

    ReplyDelete
  24. terima kasih gan, sangat berguna sekaleeee :3

    ReplyDelete
  25. kakaotalk deh yang juara...

    ReplyDelete
  26. lololo..........sudah gabung di flipora sejak lama saya,baru googling nemu postingan ini. tyus.. apa yg harus saya lakukan? hehehe... tapi e mail saya tdk apa apa

    ReplyDelete
  27. menurut saya, flipora itu sejenis malware/virus yang merusak system di komputer. dan sampai detik ini saya belum berhasil me remove flipora itu, sudah dihapus tapi lagi2 muncul, yang dengan software dan manual. gmana tuh gan? ada solusi gk?

    ReplyDelete
  28. oalah.. makasih banyak infonya kak :)
    belakangan ini di email saya ada gambar yang kakak upload di atas itu, friend request dari mbak-mbak kuliahan..
    saya ga enak gamau nerima, tapi saya juga ragu mau nge-install aplikasi flipora itu..

    ReplyDelete
  29. artikelnya sangat membantu :)
    kemarin saya menerima email sejenis itu dan setelah saya klik salah satu linknya saya dibawa ke alamat flipora. untungnya saat diminta masukkan alamat email dan password tabnya lansung saya tutup. karena penasaran dengan flipora, saya langsung googling dengan keyword 'flipora'. hasil pencarian paling atas adalah flipora.com (web resmi flipora) langsung saya klik dengan niat biar dapet info langsung dari web resminya. tapi anehnya saat saya klik nama saya langsung ada disana (seolah2 saya punya akun flipora) padahal kan saya tidak pernah menuliskan alamat email dan password saat diminta sebelumnya. setelah itu lansung saya sign out.
    pertanyaannya, apakah dengan mengklik salah satu link dalam email spam tersebut data saya dapat tercuri? (mengingat saya tidak memberikan alamat email dan password setelah menklik link tersebut)
    maaf panjang, mohon pencerahannya dan terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete

Kawan, silahkan tinggalkan jejak,,,

 

Friend List

Flickr Images