Kutipan dari terjemahan buku The Art of War ( abad ke-6 SM )

知彼 知己, 百战不殆; 不知 彼 而 知己, 一 胜 一 负; 不知 彼, 不 知己, 每 战 必 殆
Tahu diri itu, seratus pertempuran tanpa bahaya; tidak mengetahui yang lain, tapi tahu diri, di satu sisi menang di sisi lain merugi; tidak mengetahui yang lain dan tidak tahu diri, setiap pertempuran berarti hilang.

故 用兵 之 法, 十 则 围 之, 五 则 攻 之, 倍 则 分之, 敌 则 能 战 之, 少则 能 守 之, 不 若 则 能 避 之.
Ini adalah aturan dalam perang, jika kali musuh kekuatan sepuluh, mengelilingi mereka, jika lima kali, serangan mereka, jika ganda, dapat membagi mereka, jika sama, melibatkan mereka, jika lebih sedikit, dapat menghindari mereka, jika lemah , dapat menghindari mereka.

是故 百战百胜, 非 善 之 善 者 也; 不 战 而 屈 人 之 兵, 善 之 善 者 也.
Keunggulan bukan berarti Anda telah melawan dan menaklukkan lawan dalam setiap pertempuran, tetapi keunggulan tertinggi adalah saaat berhasil menaklukkan musuh tanpa pertempuran.

古 之 所 善战 者, 胜于 易 胜者 也.
Pejuang cerdas adalah orang yang tidak hanya menang, tetapi unggul dalam memenangkan dengan mudah. (Semakin banyak Anda membaca dan belajar, semakin sedikit musuh Anda akan tahu). Kualitas keputusan seperti menyambar tepat pada waktunya dari burung elang yang memungkinkan untuk menyerang dan menghancurkan korbannya.

故 兵 贵 胜, 不 贵 久.
Perang ialah seni halus dan kerahasiaan! Belajar untuk tidak terlihat dan tak terdengar maka nasib musuh ada di tangan anda.

兵 者, 诡 道 也 故 能. 而 示 之 不能, 用 而 示 之 不用, 近 而 示 之 远, 远 而 示 之 近,
Semua perang didasarkan pada tipu daya. Oleh karena itu, ketika kita mampu menyerang, kita harus tampak tidak mampu; ketika menggunakan kekuatan kita, kita harus tampak tidak aktif, ketika kita dekat, kita harus membuat musuh percaya kita jauh; saat jauh, kita harus membuat dia percaya kita sudah dekat.
Sebuah operasi militer melibatkan penipuan. Bahkan meskipun Anda kompeten, tampaknya tidak kompeten. Meskipun efektif, tampaknya tidak efektif.

是故 胜 兵 先 胜 而后 求战, 败兵 先 战 而后 求胜.
Jenderal yang memenangkan pertempuran membuat banyak perhitungan di kuilnya sebelum pertempuran ini berjuang. Para jenderal yang kehilangan membuat tapi beberapa perhitungan sebelumnya.

人 皆知 我 所以 胜 之 形, 而 莫知 我 所以 制胜 之 形.
Strategi tanpa taktik adalah jalan paling lambat untuk kemenangan. Taktik tanpa strategi adalah suara sebelum kekalahan. Seorang komandan terampil mencari kemenangan dari situasi dan tidak menuntut itu dari anak buahnya. Ahli dalam pertempuran mencari kemenangan dari keuntungan strategis dan tidak menuntut itu dari anak buahnya.

实 而 备 之, 强 而 避 之, 怒 而 挠 之, 卑 而 骄 之, 佚 而 劳 之, 亲 而 离 之, 出其不意, 攻其不备.
Jika musuh anda merasa aman pada semua titik, akan disiapkan untuknya. Jika kekuatannya lebih unggul, hindari dia. Jika lawan temperamental, berusaha untuk mengganggu dia. Berpura-pura menjadi lemah, ia akan besar kepala dan lemah. Jika pasukannya bersatu, pisahkan. Menyeranglah saat dia tidak siap, muncul dimana Anda tidak diharapkan.
Kecepatan adalah inti dari perang;. Ambil keuntungan dari ketidaksiapan musuh perjalanan dengan rute yang tak terduga dan mogok di mana dia telah tidak ada tindakan pencegahan.

视 卒 如 爱 子, 故 可 与之 俱 死.
Perlakukan orang lain seakan-akan layaknya saudara dan mereka akan mengikuti Anda ke lembah terdalam.

凡 用兵 之 法, 全国 为 上; 破 国 次之; 全军 为 上, 破 军 次之; 全 旅 为 上, 破 旅 次之; 全 卒 为 上, 破 卒 次之; 全 伍 为 上, 破伍 次之.
Dalam seni perang praktis, hal yang terbaik adalah merebut kembali seluruh tentara daripada menghancurkannya, untuk menangkap satu resimen, detasemen atau seluruh perusahaan daripada untuk menghancurkan mereka.

Seorang pemimpin memimpin dengan contoh bukan dengan kekerasan. Anda tidak dapat menghentikan inovasi.

0 komentar:

Post a Comment

Kawan, silahkan tinggalkan jejak,,,

 

Friend List

Flickr Images